Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa dengan pendekatan scientific melalui strategi Numbered Heads Togethers (NHT). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas VII A SMP Negeri 2 Sawit Boyolali yang berjumlah 27 siswa terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah proses analisis data , penyajian data dan verifikasi data. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa yang dapat dilihat dari indikator: 1) Kemampuan menyajikan pernyataan matematika secara lisan, tertulis, gambar, dan diagram sebelum tindakan 33% di akhir tindakan 88,8% 2) Kemampuan memberikan penjelasan dengan menggunakan model 37% dan di akhir tindakan 44,4% dan 3) Kemampuan menarik kesimpulan dari pernyataan 3,8% dan di akhir tindakan menjadi 40,7 %. Sehingga disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan scientific melalui strategi Numbered Heads Togethers (NHT) dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa SMP Negeri 2 Sawit Boyolali.