Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya peningkatan kemampuan kognitif anak melalui bermain dengan media balok pada anak kelompok B di TK Plosokerep 3 Kecamatan Karangmalang Sragen tahun ajaran 2013/ 2014.Tempat yang digunakan untuk penelitian ini adalah di TK Plosokerep 3 Karangmalang Sragen.Penelitian ini bersifat penelitian tindakan kelas( PTK ). Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh anak kelas B TK Plosokerep 3. Subyek penelitian ini berjumlah 30 anak. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif, meliputi : reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data, berdasarkan hasil pembahasan diperoleh skor pada prasiklus 44, 66 %, padasiklus I meningkat menjadi 60,31 %, sedang siklus II 81,66 %, sehingga penerapan dengan bermain balok untuk peningkatan kemampuan kognitif berhasil. Sehingga pemilihan kegiatan bermainbalok sangatlah penting untuk mengembangkan kemampuan kognitif pada anak kelas BV di TK Plosokerep 3 Karangmalang Sragen.Oleh sebab itu,dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain balok berpengaruh terhadap kemampuan kognitif anak di kelas B TK Plosokerep 3 KarangmalangSragenTahunajaran 2013/ 2014