ctrlnum 28518
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/28518/</relation><title>Kompetensi Profesionalisme Guru Pendidikan Kewarganegaraan Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan (Studi Kasus Guru PKn Di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta) </title><creator>Yulianingrum, Kresti</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan dan kompetensi profesionalisme guru Pendidikan Kewarganegaraan ditinjau dari latar belakang pendidikan dan pelaksanaannya dalam pembelajaran di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Penelitian ini menggunakan sumber data kepala sekolah, guru Pendidikan Kewarganegaraan, guru mata pelajaran lain, dan siswa SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan mencatat dokumen atau arsip. Untuk validitas data menggunakan trianggulasi sumber data dan triangulasi teknik atau metode pengumpulan data. Metode penelitian ini, yaitu menggunakan teknik analisis interaktif. Analisis interaktif digunakan untuk membandingkan data yang diperoleh melalui&#xD; wawancara, observasi, dan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Ketiga guru Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta dapat dikatakan profesional, meskipun tidak semua memenuhi syarat yang ditentukan. Karena untuk menjadi profesional, guru harus memenuhi beberapa syarat. Syarat yang ditentukan terkait profesionalisme tersebut belum semuanya dipenuhi misalnya latar belakang pendidikan (kualifikasi akademik). 2) banyak usaha yang dilakukan oleh guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam meningkatkan profesionalitasnya,&#xD; yaitu dengan penguasaan materi, penggunaan TIK, penguasaan metodologi dengan membuat PTK, mengembangkan diri dengan mengikuti MGMP, seminar, workshop, dan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat seperti bakti sosial. 3)&#xD; dalam usaha guru Pendidikan Kewarganegaraan untuk meningkatkan kompetensi profesionalismenya, masing-masing menghadapi kendala, antara lain tidak menggunakan TIK, tidak melaksanakan PTK, tidak mengikuti seminar atau&#xD; workshop. Beberapa kendala yang dihadapi, tidak menjadikan guru Pendidikan Pendidikan Kewarganegaraan untuk meningkatkan kompetensi profesionalisme </description><date>2014</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/28518/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/28518/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/28518/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/28518/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/28518/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/28518/7/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/28518/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/28518/16/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/28518/17/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Yulianingrum, Kresti (2014) Kompetensi Profesionalisme Guru Pendidikan Kewarganegaraan Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan (Studi Kasus Guru PKn Di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A220100079,</relation><recordID>28518</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Yulianingrum, Kresti
title Kompetensi Profesionalisme Guru Pendidikan Kewarganegaraan Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan (Studi Kasus Guru PKn Di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta)
publishDate 2014
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/28518/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28518/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28518/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28518/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28518/6/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28518/7/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28518/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28518/16/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28518/17/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28518/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan dan kompetensi profesionalisme guru Pendidikan Kewarganegaraan ditinjau dari latar belakang pendidikan dan pelaksanaannya dalam pembelajaran di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Penelitian ini menggunakan sumber data kepala sekolah, guru Pendidikan Kewarganegaraan, guru mata pelajaran lain, dan siswa SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan mencatat dokumen atau arsip. Untuk validitas data menggunakan trianggulasi sumber data dan triangulasi teknik atau metode pengumpulan data. Metode penelitian ini, yaitu menggunakan teknik analisis interaktif. Analisis interaktif digunakan untuk membandingkan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Ketiga guru Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta dapat dikatakan profesional, meskipun tidak semua memenuhi syarat yang ditentukan. Karena untuk menjadi profesional, guru harus memenuhi beberapa syarat. Syarat yang ditentukan terkait profesionalisme tersebut belum semuanya dipenuhi misalnya latar belakang pendidikan (kualifikasi akademik). 2) banyak usaha yang dilakukan oleh guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam meningkatkan profesionalitasnya, yaitu dengan penguasaan materi, penggunaan TIK, penguasaan metodologi dengan membuat PTK, mengembangkan diri dengan mengikuti MGMP, seminar, workshop, dan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat seperti bakti sosial. 3) dalam usaha guru Pendidikan Kewarganegaraan untuk meningkatkan kompetensi profesionalismenya, masing-masing menghadapi kendala, antara lain tidak menggunakan TIK, tidak melaksanakan PTK, tidak mengikuti seminar atau workshop. Beberapa kendala yang dihadapi, tidak menjadikan guru Pendidikan Pendidikan Kewarganegaraan untuk meningkatkan kompetensi profesionalisme
id IOS2728.28518
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:49:13Z
last_indexed 2016-09-22T02:49:13Z
recordtype dc
_version_ 1765810774708584448
score 17.538404