Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat persepsi orang tua terhadap pembelajaran anak usia dini di desa Ngasinan kecamatan Bulu kabupaten Sukoarjo tahun 2014 dan faktor- faktor yang mempengaruhi tingkat persepsi orang tua. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kua ntitatif dengan pendekatan survey. Penelitian dilakukan di desa Ngasinan. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak usia 4-6 tahun sebanyak 125 orang tua. Peneliti mengambil sampel sebanyak 50 orang tua dengan menggunakan teknik purposive proportional random sampling. Data persepsi orang tua dan data faktor- faktor yang berhubungan dengan persepsi orang tua diperoleh melalui angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi pearson (analisis product moment). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat tingkat persepsi orang tua terhadap pembelajaran anak usia dini. Sesuai dengan tabel distribusi frekuensi, orang tua yang mendapat skor tinggi sebanyak 14 %, sedang 66 % dan rendah 20%. Dan adanya faktor yang mempengaruhi tingkat persepsi orang tua terhadap pembelajaran anak usia dini (Y) yaitu sosialisasi (X3). Hasil analisis pearson (analisis product moment) diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,376 dan taraf signifikasi 0,05 rhitung > rtabel yaitu 0,376 > 0,361.