PENGARUH PENGGUNAAN METODE PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK KELOMPOK B PAUD ISLAM MAKARIMA KARTASURA TAHUN AJARAN 2013/2014
Main Author: | Izzah, Nailul |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/28478/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/28478/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/28478/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/28478/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/28478/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/28478/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/28478/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/28478/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/28478/9/NASKAH_PUBLIKASI_YANG_BENAR.pdf http://eprints.ums.ac.id/28478/ |
Daftar Isi:
- Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode proyek terhadap kemampuan kognitif pada anak kelompok B PAUD Islam Makarima Kartasura, Sukoharjo tahun ajaran 2013/2014. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Pre-Experimental One Group Pretest-Posttest design. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelompok B Muzdzalifah di PAUD Islam Makarima Kartasura, Sukoharjo tahun ajaran 2013/2014. Objek penelitian ini adalah kemampuan kognitif. Data dikumpulkan melalui metode observasi terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian ini adalah dengan uji paired sample t test. Pengujian paired sample t test menghasilkan nilai thitung = - 13.056 ≤ - ttabel yaitu – 2.069 yang berada pada Ho ditolak dengan probabilitas sebesar 0.002 < 0.05. berdasarkan hasil ini, maka keputusan hasil uji hipotesisnya adalah menolak Ho yang berarti bahwa ada pengaruh penggunaan metode proyek terhadap kemampuan kognitif anak kelompok B PAUD Islam Makarima Kartasura, Sukoharjo tahun ajaran 2013/2014.