Upaya Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bercerita Kembali Dengan Menggunakan Media Gambar Seri Pada Anak Kelompok A TK Pertiwi I Malangjiwan Kebonarum Klaten Tahun Pelajaran 2013 / 2014
Main Author: | Suryaningsih, Yulita Maria Wanita |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/28347/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/28347/3/BAB_1.pdf http://eprints.ums.ac.id/28347/6/BAB_2.pdf http://eprints.ums.ac.id/28347/8/BAB_3.pdf http://eprints.ums.ac.id/28347/14/Bab_4.pdf http://eprints.ums.ac.id/28347/16/BAB_5.pdf http://eprints.ums.ac.id/28347/19/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/28347/20/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/28347/22/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/28347/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak melalui metode bercerita dengan gambar seri pada anak kelompok A TK Pertiwi I Malangjiwan Kebonarum Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Penyebab kemampuan berbahasa belum berkembang dengan baik karena anak masih tidak mau menjawab pertanyaan yang diajukan guru dan metode yang digunakan masih monoton dengan media yang kurang bervariasi menjadikan kemampuan berbahasa anak kurang dapat berkembang dengan baik.Jenis Penelitian adalah Peneliti an Tindakan Kelas yang dilaksanakan di TK Pertiwi I Malangjiwan dengan subjek penelitian anak kelompok A berjumlah 12 anak. Data mengenai kemampuan berbahasa anak diperoleh melalui lembar tabulasi skor perkembangan kemampuan berbahasa sedangkan data penerapan metode bercerita diperoleh melalui lembar hasil observasi penerapan metode bercerita. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis data komparatif yaitu dengan membandingkan hasil pencapaian anak dengan indikator yang ditargetkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita dapat mengembangkan kemampuan berbahasa anak. Pada prasiklus diperoleh data kemampuan berbahasa rata-rata anak baru mencapai 40.63%, kemudian dilakukan tindakan siklus I dan meningkat menjadi 73.96%. pada siklus II kemampuan anak meningkat secara signifikan mencapai 92.02%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode bercerita dengan gambar seri mampu mengembangkan kemampuan berbahasa pada anak kelompok A TK Pertiwi I Malangjiwan Kebonarum Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014.