Upaya Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Permulaan Melalui Permainan Bercerita Dengan Media Papan Flanel Pada Kelompok A TK RA Al Hilal Tojayan, Klaten 2013/2014
Main Author: | Lasini, Lasini |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/28336/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/28336/4/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/28336/5/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/28336/7/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/28336/12/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/28336/13/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/28336/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/28336/17/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/28336/22/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/28336/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa permulaan melalui permainan bercerita dengan media papan flanel pada kelompok A TK RA Al Hilal Tojayan, Klaten. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa TK RA Al Hilal Tojayan, kelompok A yang berjumlah 16 anak yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata persentase kemampuan berbahasa permulaan pada anak dari sebelum tindakan atau kondisi awal 29,68 %, pasca Siklus I terjadi peningkatan kemampuan berbahasa permulaan menjadi 55,31%, dan kemudian pasca Siklus II peningkatan kemampuan berbahasa permulaan menjadi 82,18%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui permainan bercerita dengan media papan flanel dapat mengembangkan kemampuan berbahsa permulaan pada kelompom A TK RA Al Hilal Tojayan, Klaten, tahun ajaran 2013/ 2014.