Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa permulaan melalui permainan bercerita dengan media papan flanel pada kelompok A TK RA Al Hilal Tojayan, Klaten. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa TK RA Al Hilal Tojayan, kelompok A yang berjumlah 16 anak yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata persentase kemampuan berbahasa permulaan pada anak dari sebelum tindakan atau kondisi awal 29,68 %, pasca Siklus I terjadi peningkatan kemampuan berbahasa permulaan menjadi 55,31%, dan kemudian pasca Siklus II peningkatan kemampuan berbahasa permulaan menjadi 82,18%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui permainan bercerita dengan media papan flanel dapat mengembangkan kemampuan berbahsa permulaan pada kelompom A TK RA Al Hilal Tojayan, Klaten, tahun ajaran 2013/ 2014.