Implementasi Pendekatan Scientific Dengan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika (PTK pada Siswa Kelas VIID Semester Gasal SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014)

Main Author: Prasetyo, Sigit
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/28335/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28335/4/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28335/5/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28335/8/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28335/9/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28335/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28335/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28335/13/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28335/14/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28335/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa melalui pendekatan Scientific dengan model Problem Based Learning. Jenis penelitian, penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi antar peneliti dengan guru matematika kelas VIID, yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian guru kelas VIID SMP Muhammadiyah 4 Surakarta sebagai pelaku tindakan siswa yang berjumlah 30 sebagai subjek penerima tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan pengamatan, wawancara, kajian dokumen dan tes. Teknik analisis data dengan menyeleksi dan mengelompokkan data, memaparkan dan mendiskripsikan data. Hasil penelitian tindakan kelas, ada peningkatan pemahaman konsep matematika siswa yang dapat dilihat dari indikator-indikator penelitian: 1) Siswa yang berani menyatakan ide dan menjawab dengan benar yang semula sebanyak 40,00% menjadi 63,33%; 2) Siswa yang mampu merumuskan konsep ke dalam bentuk model matematika yang semula sebanyak 23,33% menjadi 36,67%; 3) Siswa yang mampu memberikan contoh lain yang berhubungan dengan materi yang dijelaskan yang semula 33,33% menjadi 46,67%. Dapat disimpulkan bahwa implementasi pendekatan Scientific dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa.