Peningkatan Motivasi Belajar Ipa Melalui Penerapan Multimedia Interaktif Dengan Mengoptimalkan Media Microsoft Powerpoint Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Tawangmangu Tahun Pelajaran 2013/2014

Main Author: R. N Yunita, Chita
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/28283/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28283/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28283/5/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28283/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28283/11/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28283/12/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28283/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28283/15/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28283/22/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28283/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan multimedia interaktif dengan mengoptimalkan media microsoft powerpoint pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Tawangmangu Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan bentuk PTK yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas IV SD Negeri 01 Tawangmangu yang berjumlah 28 siswa dan objek dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif yang memiliki tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar IPA setelah diadakan tindakan kelas melalui penerapan multimedia interaktif dengan mengoptimalkan media microsoft powerpoint. Indikator ketercapaian meningkat sekurang-kurangnya 80% dari 28 siswa. Untuk indikator tekun dalam menghadapi tugas pemberian guru sebesar 85,71%, ulet dan tidak putus asa sebesar 82,14%, sikap berkeinginan mendalami pelajaran IPA sebesar 89,29%, berusaha berprestasi sebaik mungkin sebesar 82,14%, senang dan rajin belajar dengan penuh semangat sebesar 89,28%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan multimedia interaktif dengan mengoptimalkan media microsoft powerpoint dapat meningkatkan motivasi belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Tawangmangu tahun pelajaran 2013/2014.