Peningkatan Kemampuan Menyimak Perkataan Melalui Metode Bercerita Pada Siswa Kelas I SDNegeri 3 Sugihan Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2013/2014
Main Author: | Alfiani, Nofika |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/28274/1/01.HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/28274/4/02.BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/28274/5/03.BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/28274/7/04.BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/28274/9/05.BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/28274/11/06.BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/28274/13/07.DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/28274/14/08.LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/28274/17/10.NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/28274/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak perkataan melalui metode bercerita pada siswa kelas 1 SD Negari 3 Sugihan Toroh Grobogan tahun pelajaran 2013/ 2014 yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas I SD tersebut. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan analisis kualitatif melalui tiga tahap yaitu reduksi data, pemaparan data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan menyimak yang dimiliki oleh siswa kelas I SD Negeri 3 Sugihan tahun pelajaran 2013/2014. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran sebelum tindakan sebesar 44,44% dan setelah dilakukan tindakan sebesar 62,96% pada siklus I, dan diakhir tindakan sebesar 85,18% pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan menyimak perkataan pada siswa kelas I SD Negeri 3 Sugihan Toroh Grobogan Tahun Pelajaran 2013/ 2014.