Upaya Mengembangkan Kemampuan Membaca Al Qur’an Melalui Metode Iqro’ Dengan Media Flash Card Pada Kelompok A Di PGTK Permata Hati Kid’s School Delanggu Tahun Ajaran 2013/2014

Main Author: WULAN , SRI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/28270/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28270/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28270/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28270/8/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28270/9/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28270/10/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28270/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28270/16/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28270/17/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28270/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan membaca Al Qur,an melalui metode Iqro dengan media flash card pada anak kelompok A PGTK Permata Hati Kid,s School Delanggu, Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek Penelitian ini adalah anak kelompok A khususnya kelas Marwah yang berjumlah 28 anak dan guru sebagai kolaborator. Metode penelitian yang digunakan yaitu komparatif dan analisis kritis. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Iqro’ dengan media flash card dapat mengembangkan kemampuan membaca Al Qur’an pada anak kelompok A PGTK Permata Hati Kid’s School tahun ajaran 2013/2014. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan membaca Al Qur’an anak yang menunjukkan peningkatan dari pra siklus 29,75 %, siklus I 74 %, dan siklus II 88,48 %.