Peningkatan Minat Belajar Matematika Melalui Strategi Missouri Mathematics Project Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Bandardawung Tawangmangu Tahun Pelajaran 2013/ 2014
Main Author: | Purbaningrum, Anita |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/28263/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/28263/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/28263/7/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/28263/8/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/28263/9/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/28263/11/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/28263/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/28263/15/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/28263/16/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/28263/ |
ctrlnum |
28263 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/28263/</relation><title>Peningkatan Minat Belajar Matematika Melalui Strategi
Missouri Mathematics Project Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Bandardawung Tawangmangu Tahun Pelajaran 2013/ 2014
</title><creator>Purbaningrum, Anita </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa melalui strategi Missouri Mathematics Project.Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi dengan menggunakan strategi pembelajaran Missouri Mathematics Project.Subyek penelitian ini adalah peneliti yang bertindak sebagai guru dan siswa kelas IV SD Negeri 03 Bandardawung yang berjumlah 33 siswa sebagai subyek penerima tindakan.Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.Untuk menjamin
validitas data, digunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika yang kemudian berdampak pada hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari minat belajar siswa melalui beberapa indikator, yaitu:
aktivitas siswa dalam bertanya pada pra siklus ada 8 siswa (24,24%), pada siklus I meningkat menjadi 14 siswa (42,42%), pada siklus II meningkat menjadi 26 siswa (78,79%). Aktivitas siswa dalam menjawab pertanyaan pada pra siklus ada 10 siswa (30,30%), pada siklus I meningkat menjadi 13 siswa (39,39%), pada siklus II meningkat menjadi 25 siswa (75,76%). Aktivitas siswa dalam mengerjakan soal
pada pra siklus ada 9 siswa (27,27%), pada siklus I meningkat menjadi 18 siswa (54,54%), pada siklus II meningkat menjadi 29 siswa (87,88%). Aktivitas siswa
dalam mengerjakan tugas PR pada pra siklus ada 11 siswa (33,33%), pada siklus I meningkat menjadi 16 siswa (48,48%), pada siklus II meningkat menjadi 28 siswa
(84,85%). Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari hasil post test yang dilakukan di akhir proses pembelajaran, sebelum tindakan prosentase keberhasilan
siswa yang nilainya di atas KKM (> 65) pada pra siklus ada 5 siswa (15,15%), pada siklus I ada 17 siswa (51,52%), dan pada siklus II ada 28 siswa (84,85%). Berdasarkan hasil tersebut, penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran
dengan strategi Missouri Mathematics Project dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Bandardawung Tawangmangu tahun pelajaran 2013/ 2014.</description><date>2014</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/28263/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/28263/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/28263/7/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/28263/8/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/28263/9/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/28263/11/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/28263/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/28263/15/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/28263/16/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Purbaningrum, Anita (2014) Peningkatan Minat Belajar Matematika Melalui Strategi Missouri Mathematics Project Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Bandardawung Tawangmangu Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510 100 272</relation><recordID>28263</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Purbaningrum, Anita |
title |
Peningkatan Minat Belajar Matematika Melalui Strategi
Missouri Mathematics Project Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Bandardawung Tawangmangu Tahun Pelajaran 2013/ 2014 |
publishDate |
2014 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/28263/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/28263/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/28263/7/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/28263/8/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/28263/9/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/28263/11/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/28263/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/28263/15/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/28263/16/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/28263/ |
contents |
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa melalui strategi Missouri Mathematics Project.Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi dengan menggunakan strategi pembelajaran Missouri Mathematics Project.Subyek penelitian ini adalah peneliti yang bertindak sebagai guru dan siswa kelas IV SD Negeri 03 Bandardawung yang berjumlah 33 siswa sebagai subyek penerima tindakan.Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.Untuk menjamin
validitas data, digunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika yang kemudian berdampak pada hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari minat belajar siswa melalui beberapa indikator, yaitu:
aktivitas siswa dalam bertanya pada pra siklus ada 8 siswa (24,24%), pada siklus I meningkat menjadi 14 siswa (42,42%), pada siklus II meningkat menjadi 26 siswa (78,79%). Aktivitas siswa dalam menjawab pertanyaan pada pra siklus ada 10 siswa (30,30%), pada siklus I meningkat menjadi 13 siswa (39,39%), pada siklus II meningkat menjadi 25 siswa (75,76%). Aktivitas siswa dalam mengerjakan soal
pada pra siklus ada 9 siswa (27,27%), pada siklus I meningkat menjadi 18 siswa (54,54%), pada siklus II meningkat menjadi 29 siswa (87,88%). Aktivitas siswa
dalam mengerjakan tugas PR pada pra siklus ada 11 siswa (33,33%), pada siklus I meningkat menjadi 16 siswa (48,48%), pada siklus II meningkat menjadi 28 siswa
(84,85%). Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari hasil post test yang dilakukan di akhir proses pembelajaran, sebelum tindakan prosentase keberhasilan
siswa yang nilainya di atas KKM (> 65) pada pra siklus ada 5 siswa (15,15%), pada siklus I ada 17 siswa (51,52%), dan pada siklus II ada 28 siswa (84,85%). Berdasarkan hasil tersebut, penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran
dengan strategi Missouri Mathematics Project dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Bandardawung Tawangmangu tahun pelajaran 2013/ 2014. |
id |
IOS2728.28263 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:48:58Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:49:02Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810773218557952 |
score |
17.538404 |