Penerapan Strategi Pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) Untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 2 Taji Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Author: | Habsari, Sabilla Fita |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/28253/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/28253/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/28253/3/BAB_II_.pdf http://eprints.ums.ac.id/28253/5/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/28253/7/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/28253/13/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/28253/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/28253/19/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/28253/21/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/28253/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah peningkatan keterampilan bertanya siswa kelas V SD Negeri 2 Taji pada mata pelajaran ipa dengan menggunakan strategi learning starts with a question. Jenis penelitian tindakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini dilaksanakan dua kali siklus dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya. Subjek pelaksaaan tindakan adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 26 sebagai penerima tindakan dan guru kelas sebagai subjek pemberi tindakan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi , wawancara, tes dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Teknik triangulasi sumber diperoleh dari pengumpulan data dari guru dengan peneliti mengenai keterampilan bertanya siswa. Triangulasi metode dari hasil observasi, dokumen, dan wawancara. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Strategi pembelajaran yang digunakan adalah learning starts with a question yaitu strategi pembelajaran aktif dalam bertanya. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan bertanya siswa kelas V pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan strategi learning starts with a question. Hal ini dapat dilihat dari keterampilan bertanya pra siklus sebesar 30,51%, siklus I sebesar 51,00% dan siklus II sebesar 81,30%. Pencapaian ketuntasan pada setiap indikator yakni 70% atau sebanyak 19 siswa dari keseluruhan siswa yakni 26 siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan strategi learning starts with a question dapat meningkatkan keterampilan bertanya siswa kelas V SD Negeri 2 Taji Tahun ajaran 2013/2014