Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas anak melalui bermain balok pada anak kelompok B di TK Geneng II Gatak, Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan media balok dengan subyak 30 anak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Observasi adalah mengamati kemampuan kreativitas anak mulai dari sebelum ada tindakan, pada saat proses pembelajaran setelah ada tindakan, hingga pada akhir proses pembelajaran. Catatan lapangan dilakukan untuk mengetahui proses kegiatan pembelajaran bermain balok yang dilakukan guru dan respon anak saat guru menyampaikan kegiatan pembelajaran pada anak kelompok B di TK Genen II Gatak, Sukoharjo, sedangkan dokumentasi digunakan untuk melihat keaktifan anak saat kegiatan bermain balok. Analisis data yang digunakan adalah deskritif komparatif yaitu perbandingan hasil prosentase pencapaian setiap anak dengan skor maksimum yang telah ditentukan melalui siklus-siklus. Berdasarkan hasil perhitungan tiap siklus tindakan pengembangan kreativitas melalui media balok diperoleh hasil pada sebelum dilakukan tindakan 35,23%, siklus I mencapai 48,44%, siklus II mencapai 67%, siklus III mencapai 81,32%. Dengan demikian upaya mengembangkan kreativitas anak pada anak kelompok B di TK Geneng II Gatak, Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014 dikatakan berhasil karena hasil pada siklus III mencapai 81,32% melebihi target keberhasilan yaitu 75%.