Penerapan Strategi Think Aloud Pair Problem Solving (Tapps) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis (PTK Bagi Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP N 3 Colomadu Tahun Ajaran 2013/ 2014)

Main Author: Azmi, Anisah Sukmawati
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/28134/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28134/3/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28134/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28134/7/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28134/9/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28134/16/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28134/17/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28134/20/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28134/21/Naskah_Publikasi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28134/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan ini, meningkatkan kemampuan komunikasi dan hasil belajar matematika pada pokok bahasan kubus dan balok melalui metode Krulick-Rudnick. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data digunakan tehnik triangulasi. Teknik analisis data digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan komunikasi dan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan kubus dan balok. Hal ini dapat dilihat dari indikator kemampuan komunikasi 1) banyakya siswa yang menyampaikan ide dengan lisan sebelum tindakan 24,24% dan setelah tindakan 78,79%, 2) menulis atau menjawab soal didepan 18,18% dan setelah tindakan 60,61%, 3) menggambar untuk memperjelas soal sebelum tindakan 21,21% dan setelah tindakan menjadi 72,73%. Sedangkan indikator hasil belajar siswa yang mencapai criteria ketuntasan minimal (KKM) ≥ 70 sebelum tindakan 15,15% dan setelah tindakan 90,91%. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan penerapan metode Krulik-Rudnick dalam memecahkan soal matematika dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan hasil belajar matematika siswa.