Peningkatan Keaktifan Dan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Pendekatan Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (Savi) (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun 2013/2014)

Main Author: Setyowati, Amik
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/28129/1/COVER-INTISARI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28129/2/BAB_1.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28129/3/BAB_2.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28129/5/BAB_3.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28129/7/BAB_4.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28129/8/BAB_5.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28129/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28129/17/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28129/18/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/28129/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan teorema pythagoras melalui pendekatan Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 8 Surakarta yang berjumlah 25 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan teorema pythagoras. Hal ini dapat dilihat dari indikatornya: 1) keaktifan siswa dalam bertanya sebelum tindakan 20% setelah tindakan 64%, 2) keaktifan menjawab pertanyaan dari guru sebelum tindakan 16% setelah tindakan 56%, 3) siswa yang aktif menulis jawabannya dipapan tulis sebelum tindakan 20% setelah tindakan 68%, 4) keaktifan siswa dalam mempresentasikan hasil kelompok sebelum tindakan 24% setelah tindakan 60%, 5) merumuskan masalah matematika sebelum tindakan 28% setelah tindakan 68%, 6) mampu menyelesaikan masalahmasalah matematika sebelum tindakan 32% setelah tindakan 72%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan SAVI dapat meningkatkan keaktifan dan pemahaman konsep matematika.