Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Jawa Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Permainan Kartu Huruf Pada Siswa Kelas III SDN Tunggulsari 1 No 72 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Author: | Sari, Dessy Dwitalia |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/28127/1/1._Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/28127/2/2._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/28127/3/3._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/28127/6/4._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/28127/7/5._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/28127/8/6._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/28127/11/7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/28127/13/8._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/28127/14/10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/28127/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis aksara jawa pada mata pelajaran Bahasa Jawa melalui model pembelajaran Quantum Teaching dengan permainan kartu huruf pada siswa kelas III SD Negeri Tunggulsari I Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SDN Tunggulsari I Surakarta yang berjumlah 24 siswa. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dokumentasi. Tehnik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Model pembelajaran yang digunakan adalah Quantum Teaching dengan permainan kartu huruf. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pelaksanaan pra siklus diperoleh hasil keterampilan menulis aksara jawa pada mata pelajaran Bahasa Jawa terbilang rendah. Siswa yang tuntas hanya 8 siswa atau sebesar 33,3% dari nilai KKM (> 65) yang ditentukan. Setelah penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dengan permainan kartu huruf pada siklus I dan siklus II menunjukkan peningkatan yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dari : keterampilan menulis aksara jawa pada pra siklus 41,6%, siklus I 54,1% dan siklus II 87,5%. Kebenaran ejaan dalam penulisan aksara jawa pada pra siklus 50%, siklus I 58,3%, siklus II 83,3%. Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya ketuntasan peningkatan hasil belajar yang diperoleh melebihi target yang diharapkan yaitu 75%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dengan permainan kartu huruf dapat meningkatkan keterampilan menulis aksara jawa pada siswa kelas III SDN Tunggulsari I Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014.