Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah: Meningkatkan minat belajar bahasa Indonesia melalui penggunaan media Cartoon Picture pada siswa kelas IV SD Negeri Sambiduwur 2 Tanon, Sragen tahun pelajaran 2013/2014. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model penelitian ini berbentuk siklus yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Peneleitian ini dilaksanakan di SDN Sambiduwur 2 Tanon Sragen. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV, sedangkan objeknya adalah minat belajar. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan minat belajar siswa denganmenggunakan media gambar kartun. Hal ini dapat dilihat dari ratarata minat belajar awal siswa 32,5% dengan presentase siswa yang mencapai KKM 37,0%. Pada siklus I minat belajar siswa meningkat menjadi 50,8% dan siswa yang mencapai KKM 55,6%. Siklus II minat belajar siswa mencapai 90,8% dan siswa yang mencapai KKM ada 92,5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan media Cartoon Picture dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan minat belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar yang meningkat pula.