Penerapan Strategi Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Trigonometri (PTK Pada Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah Delanggu)

Main Author: Pristi, Ovika
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/27952/1/03.HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/27952/2/04.BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/27952/4/05.BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/27952/6/06.BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/27952/7/07.BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/27952/9/08.BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/27952/11/09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/27952/13/10.LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/27952/15/02.NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/27952/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika dengan menerapkan strategi Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together bagi siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Delanggu. Siswa kelas XI Perawatan Kesehatan berperan sebagai subjek penerima tindakan yang berjumlah 33 siswa, guru berperan sebagai subyek pemberi tindakan, sedangkan obyek penelitian adalah keaktifan dan hasil belajar matematika. Metode pengumpulan data yang digunakan saat penelitian adalah metode tes, observasi, catatan lapangan, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah proses analisis data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar matematika dalam penerapan strategi Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together yang dapat dilihat dari indikator yaitu: (1)menjawab pertanyaan dari guru, sebelum tindakan (27,27%), pada putaran I (33,3%), pada putaran II (60,60%), dan pada putaran III (84,84%), (2)mengajukan pertanyaan kepada guru, sebelum dilakukan penelitian (6%), pada putaran I (12,12%), pada putaran II (45,45%), dan pada putaran III (63,63%), (3) mengemukakan pendapat dalam pembelajaran matematika, sebelum dilakukan penelitian (15,15%), pada putaran I(24,24%), pada putaran II (33,33%), dan pada putaran III(51,51%), (4) mempresentasikan hasil pekerjaan dalam pembelajaran matematika, sebelum dilakukan penelitian(9,09%), pada putaran I (18,18%), pada putaran II (39,39%), dan pada putaran III (60,60%), (5) hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan trigonometri meningkat, sebelum tindakan (42,42%), pada putaran I (60,60%), pada putaran II (66,66%), dan pada putaran III (75,75%). Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika.