Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Karakter Siswa (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Hidayaturrahman Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013)
Main Author: | Setyowati, Sulis |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/27945/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/27945/3/04._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/27945/4/05._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/27945/6/06._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/27945/8/07._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/27945/12/08._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/27945/15/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/27945/18/10._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/27945/23/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/27945/ |
ctrlnum |
27945 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/27945/</relation><title>Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Karakter Siswa (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Hidayaturrahman Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013)
</title><creator>Setyowati, Sulis</creator><subject>LB1501 Primary Education</subject><description>Peran pendidikan karakter merupakan istilah yang sudah mendapatkan
pengakuan di masyarakat pada modernisasi ini. Dalam pengembangan pendidikan
karakter peserta didik di sekolah, guru memiliki posisi yang sangat penting. Guru
memiliki tanggung jawab besar dalam menghasilkan generasi yang berkarakter,
berbudaya dan bermoral. Oleh karena, itu guru PAI mempunyai tugas sebagai
pendidik, pembimbing, pengajar, informator, pemimpin, motivator, fasilitator,
inspirator, inisiator, dan korektor dalam upaya peningkatan karakter siswa, agar
karakter siswa dapat dibentuk mulai sejak dari dini menjadi individu yang baik
dan berakhlak mulia.
Dari latar belakang tersebut maka penulis dapat merumuskan masalahnya
yaitu bagaimana peran guru PAI dalam meningkatkan karakter siswa di SDIT
Hidayaturrahman Sragen.
Manfaat penelitian ini yaitu menambah hazanah pengetahuan tentang
pentingnya pendidikan karakter. Bagi guru, dapat menjadi bahan evaluasi dalam
meningkatkan kualitas diri terutama dalam masalah akhlak sehingga selalu
menjadi teladan bagi siswanya. Bagi sekolah, dapat menjadi bahan masukan
dalam meningkatkan pembinaan pada guru-gurunya terutama dalam masalah
akhlak. Bagi penulis, dapat menjadi bahan evaluasi diri karena kelak akan menjadi
guru agar senantiasa memperbaiki akhlak.
Sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian, maka penelitian ini
merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode pendekatan
kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru tahfidz, guru akidah akhlak,
guru fikih, guru quran hadist. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah
metode, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan adalah
menganalisis data yaitu dengan metode deskriptif kualitatif.
Hasil dari penelitian ini, dapat diperoleh kesimpulan bahwa guru PAI di
SDIT Hidayaturrahman Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013 melakukan peran
sebagai pendidik, pembimbing, pengajar, informator, pemimpin, motivator,
fasilitator, inspirator, inisiator, dan korektor dalam meningkatkan karakter siswa.</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/27945/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/27945/3/04._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/27945/4/05._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/27945/6/06._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/27945/8/07._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/27945/12/08._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/27945/15/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/27945/18/10._LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/27945/23/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Setyowati, Sulis (2013) Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Karakter Siswa (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Hidayaturrahman Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>G000090175</relation><recordID>27945</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Setyowati, Sulis |
title |
Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Karakter Siswa (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Hidayaturrahman Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013) |
publishDate |
2013 |
topic |
LB1501 Primary Education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/27945/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/27945/3/04._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/27945/4/05._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/27945/6/06._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/27945/8/07._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/27945/12/08._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/27945/15/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/27945/18/10._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/27945/23/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/27945/ |
contents |
Peran pendidikan karakter merupakan istilah yang sudah mendapatkan
pengakuan di masyarakat pada modernisasi ini. Dalam pengembangan pendidikan
karakter peserta didik di sekolah, guru memiliki posisi yang sangat penting. Guru
memiliki tanggung jawab besar dalam menghasilkan generasi yang berkarakter,
berbudaya dan bermoral. Oleh karena, itu guru PAI mempunyai tugas sebagai
pendidik, pembimbing, pengajar, informator, pemimpin, motivator, fasilitator,
inspirator, inisiator, dan korektor dalam upaya peningkatan karakter siswa, agar
karakter siswa dapat dibentuk mulai sejak dari dini menjadi individu yang baik
dan berakhlak mulia.
Dari latar belakang tersebut maka penulis dapat merumuskan masalahnya
yaitu bagaimana peran guru PAI dalam meningkatkan karakter siswa di SDIT
Hidayaturrahman Sragen.
Manfaat penelitian ini yaitu menambah hazanah pengetahuan tentang
pentingnya pendidikan karakter. Bagi guru, dapat menjadi bahan evaluasi dalam
meningkatkan kualitas diri terutama dalam masalah akhlak sehingga selalu
menjadi teladan bagi siswanya. Bagi sekolah, dapat menjadi bahan masukan
dalam meningkatkan pembinaan pada guru-gurunya terutama dalam masalah
akhlak. Bagi penulis, dapat menjadi bahan evaluasi diri karena kelak akan menjadi
guru agar senantiasa memperbaiki akhlak.
Sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian, maka penelitian ini
merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode pendekatan
kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru tahfidz, guru akidah akhlak,
guru fikih, guru quran hadist. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah
metode, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan adalah
menganalisis data yaitu dengan metode deskriptif kualitatif.
Hasil dari penelitian ini, dapat diperoleh kesimpulan bahwa guru PAI di
SDIT Hidayaturrahman Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013 melakukan peran
sebagai pendidik, pembimbing, pengajar, informator, pemimpin, motivator,
fasilitator, inspirator, inisiator, dan korektor dalam meningkatkan karakter siswa. |
id |
IOS2728.27945 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:48:44Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:48:47Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810771297566720 |
score |
17.538404 |