ctrlnum 27945
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/27945/</relation><title>Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Karakter Siswa (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Hidayaturrahman Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013)&#xD; </title><creator>Setyowati, Sulis</creator><subject>LB1501 Primary Education</subject><description>Peran pendidikan karakter merupakan istilah yang sudah mendapatkan&#xD; pengakuan di masyarakat pada modernisasi ini. Dalam pengembangan pendidikan&#xD; karakter peserta didik di sekolah, guru memiliki posisi yang sangat penting. Guru&#xD; memiliki tanggung jawab besar dalam menghasilkan generasi yang berkarakter,&#xD; berbudaya dan bermoral. Oleh karena, itu guru PAI mempunyai tugas sebagai&#xD; pendidik, pembimbing, pengajar, informator, pemimpin, motivator, fasilitator,&#xD; inspirator, inisiator, dan korektor dalam upaya peningkatan karakter siswa, agar&#xD; karakter siswa dapat dibentuk mulai sejak dari dini menjadi individu yang baik&#xD; dan berakhlak mulia.&#xD; Dari latar belakang tersebut maka penulis dapat merumuskan masalahnya&#xD; yaitu bagaimana peran guru PAI dalam meningkatkan karakter siswa di SDIT&#xD; Hidayaturrahman Sragen.&#xD; Manfaat penelitian ini yaitu menambah hazanah pengetahuan tentang&#xD; pentingnya pendidikan karakter. Bagi guru, dapat menjadi bahan evaluasi dalam&#xD; meningkatkan kualitas diri terutama dalam masalah akhlak sehingga selalu&#xD; menjadi teladan bagi siswanya. Bagi sekolah, dapat menjadi bahan masukan&#xD; dalam meningkatkan pembinaan pada guru-gurunya terutama dalam masalah&#xD; akhlak. Bagi penulis, dapat menjadi bahan evaluasi diri karena kelak akan menjadi&#xD; guru agar senantiasa memperbaiki akhlak.&#xD; Sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian, maka penelitian ini&#xD; merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode pendekatan&#xD; kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru tahfidz, guru akidah akhlak,&#xD; guru fikih, guru quran hadist. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah&#xD; metode, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan adalah&#xD; menganalisis data yaitu dengan metode deskriptif kualitatif.&#xD; Hasil dari penelitian ini, dapat diperoleh kesimpulan bahwa guru PAI di&#xD; SDIT Hidayaturrahman Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013 melakukan peran&#xD; sebagai pendidik, pembimbing, pengajar, informator, pemimpin, motivator,&#xD; fasilitator, inspirator, inisiator, dan korektor dalam meningkatkan karakter siswa.</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/27945/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/27945/3/04._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/27945/4/05._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/27945/6/06._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/27945/8/07._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/27945/12/08._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/27945/15/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/27945/18/10._LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/27945/23/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Setyowati, Sulis (2013) Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Karakter Siswa (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Hidayaturrahman Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>G000090175</relation><recordID>27945</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Setyowati, Sulis
title Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Karakter Siswa (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Hidayaturrahman Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013)
publishDate 2013
topic LB1501 Primary Education
url http://eprints.ums.ac.id/27945/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/27945/3/04._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/27945/4/05._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/27945/6/06._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/27945/8/07._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/27945/12/08._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/27945/15/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/27945/18/10._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/27945/23/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/27945/
contents Peran pendidikan karakter merupakan istilah yang sudah mendapatkan pengakuan di masyarakat pada modernisasi ini. Dalam pengembangan pendidikan karakter peserta didik di sekolah, guru memiliki posisi yang sangat penting. Guru memiliki tanggung jawab besar dalam menghasilkan generasi yang berkarakter, berbudaya dan bermoral. Oleh karena, itu guru PAI mempunyai tugas sebagai pendidik, pembimbing, pengajar, informator, pemimpin, motivator, fasilitator, inspirator, inisiator, dan korektor dalam upaya peningkatan karakter siswa, agar karakter siswa dapat dibentuk mulai sejak dari dini menjadi individu yang baik dan berakhlak mulia. Dari latar belakang tersebut maka penulis dapat merumuskan masalahnya yaitu bagaimana peran guru PAI dalam meningkatkan karakter siswa di SDIT Hidayaturrahman Sragen. Manfaat penelitian ini yaitu menambah hazanah pengetahuan tentang pentingnya pendidikan karakter. Bagi guru, dapat menjadi bahan evaluasi dalam meningkatkan kualitas diri terutama dalam masalah akhlak sehingga selalu menjadi teladan bagi siswanya. Bagi sekolah, dapat menjadi bahan masukan dalam meningkatkan pembinaan pada guru-gurunya terutama dalam masalah akhlak. Bagi penulis, dapat menjadi bahan evaluasi diri karena kelak akan menjadi guru agar senantiasa memperbaiki akhlak. Sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian, maka penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru tahfidz, guru akidah akhlak, guru fikih, guru quran hadist. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah metode, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan adalah menganalisis data yaitu dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini, dapat diperoleh kesimpulan bahwa guru PAI di SDIT Hidayaturrahman Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013 melakukan peran sebagai pendidik, pembimbing, pengajar, informator, pemimpin, motivator, fasilitator, inspirator, inisiator, dan korektor dalam meningkatkan karakter siswa.
id IOS2728.27945
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:48:44Z
last_indexed 2016-09-22T02:48:47Z
recordtype dc
_version_ 1765810771297566720
score 17.538404