Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian (1) meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran matematika siswa kelas VIIA semester ganjil SMP Al-Islam Kartasura melalui penerapan strategi Two Stay Two Stray. (2) meningkatkan komunikasi dalam pembelajaran matematika siswa kelas VIIA semester ganjil SMP Al-Islam Kartasura melalui penerapan startegi Two Stay Two Stray. Jenis penelitian ini adalah PTK. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan , tes dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Hasil penelitian peningkatan keaktifan dan komunikasi siswa dilihat dari meningkatknya a) keberanian mengajukan pertanyaan, pada kondisi awal 6,25% dan siklus III 53,125%, b) mampu menjawab pertanyaan, pada kondisi awal 3,12% dan siklus III 50%, c) mampu mengerjakan soal di depan kelas, pada kondisi awal 3,12% dan siklus III 40,625%, d) mampu mengemukakan ide/ gagasan, pada kondisi awal 0% dan siklus III 37,5%, e) mampu menuliskan hasil diskusi, pada kondisi awal 18,75% dan siklus III 62,5%, f) mampu mempresentasikan hasil diskusi, pada kondisi awal 0% dan siklus III 40,625%. Penerapan strategi Two Stay Two Stray dapat meningkatkan keaktifan dan komunikasi belajar matematika siswa kelas VIIA SMP Al-Islam Kartasura.