Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Dengan Pemanfaatan Gelas Plastik Bekas Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Pemahaman Konsep Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Aljabar (PTK Pada Siswa Kelas VII MTs N 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014)

Main Author: Ulfah, Ria Risti
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/27931/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/27931/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/27931/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/27931/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/27931/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/27931/10/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/27931/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/27931/14/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/27931/15/NASKAH_PUBLIKASI_FULLTEX.pdf
http://eprints.ums.ac.id/27931/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran CTL dengan pemanfaatan gelas plastik bekas untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang pemahaman konsep. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah guru yang memberikan tindakan kelas dan penerima tindakan adalah siswa kelas VIID MTs N 1Surakarta yang berjumlah 40 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang dianalisis dari tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Validitas data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa. Penemuan dari penelitian menunjukkan: 1) kemampuan siswa dalam menyatakan ulang konsep sebanyak 36 siswa (90%), 2) kemampuan siswa dalam memberikan contoh sebanyak 34 siswa (85%), 3) kemampuan siswa dalam menyajikan ke dalam bentuk representasi matematika sebanyak 31 siswa (77,5%), dan 4) kemampuan mengaplikasikan konsep sebanyak 35 siswa (85%). Sehingga disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CTL dengan pemanfaatan gelas plastik bekas dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan pada aljabar.