Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi LSQ (Learning Starts With A Question) Dengan Media Kertas Berpetak Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Paninggaran Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan Tahun 2013/2014”

Main Author: FABIARDHI, AFRIZAL
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/27918/1/03._Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/27918/2/04._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/27918/3/05._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/27918/5/06._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/27918/7/07._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/27918/11/08._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/27918/12/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/27918/14/10._Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/27918/15/02._Naskah_Publikasi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/27918/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika melalui penerapan strategi pembelajaran Learning Starts With A Question Dengan Media Kertas Berpetak. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yaitu merupakan suatu jenis penelitian yang dilakukan oleh guru untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelasnya. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 3 Paninggaran Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari tiga tahap yakni reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi bangun datar. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran yang menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa. Hasil pelaksanaan proses pembelajaran sebelum tindakan sebesar 25% siswa yang tuntas dalam pembelajaran dan setelah dilakukan tindakan meningkat sebesar 50% pada siklus I (mengalami peningkatan 25%), dan di akhir tindakan siswa yang tuntas dalam pembelajaran meningkat menjadi 81,25% pada siklus II (mengalami peningkatan 31,25%). Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran Learning Starts With A Question Dengan Media Kertas Berpetak dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 3 Paninggaran Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan Tahun 2013/2014.