Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V di SD N 03 kebak, Kebakkramat, Karangnyar. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian kuantatif dengan regresi sederhana. Sumber data penelitian yaitu semua siswa kelas V SD N 03 Kebak, Kebakkramat. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari semua siswa kelas V yang berjumlah 28 siswa yang merupakan populasinya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan angket, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t yang sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas serta uji prasyarat analisis. Hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh : Hasil analisis uji t diperoleh nilai thitung (23,557) > ttabel (2,048), hal ini menunjukan kecerdasan emosional mempunyai pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa kelas V pada Mata Pelajaran IPS di SD Negeri 03 Kebak, Kebakkramat, Karanganyar Tahun Ajran 2013/2014. Analisis uji F diperoleh bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 19,646 > 4,24 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000, maka secara bersama-sama kecerdasan emosional mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas V pada Mata Pelajaran IPS di SD Negeri 03 Kebak, Kebakkramat, Karanganyar Tahun Ajran 2013/2014.