Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran Manurawa Sampok berpengaruh pada minat belajar aksara Jawa. (2) Mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran Manurawa Sampok berpengaruh pada hasil belajar aksara Jawa di kelas IV SD N 2 Sidomulyo dan SD N 3 Sidomulyo, Ampel, Boyolali. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen, dengan subyek siswa kelas IV SD N 2 Sidomulyo sebagai kelas kontrol dengan dan siswa kelas IV SD N 3 Sidomulyo sebagai kelas eksperimen. Perlakuan masing-masing 6 jam pelajaran dengan pembelajaran konvensional untuk kelas kontrol dan strategi pembelajaran Manurawa Sampok untuk kelas eksperimen. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan uji keseimbangan dan uji normalitas. Hasil analisis data dengan taraf sigifikansi 5% diperoleh: t hitung untuk minat dan hasil sebesar - 2,040 dan t tabel -2,011 jadi t hitung < t tabel. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa strategi pembelajaran Manurawa Sampok berpengaruh pada minat dan hasil belajar aksara Jawa.