Studi Komparasi Penggunaan Metode Pembelajaran Hypnoteaching Dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL)Terhadap Hasil Belajar Matematikapada Siswa Kelas V SD N Duyungan 2 Dan Sdn Duyungan 3, Sidoharjo, Sragen Tahun 2013/ 2014

Main Author: Sitarini, Wulan Nur
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/27636/1/COVER.pdf
http://eprints.ums.ac.id/27636/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/27636/5/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/27636/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/27636/9/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/27636/11/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/27636/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/27636/15/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/27636/17/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/27636/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perbedaan penerapan penggunaan metode pembelajaran Hypnoteaching dengan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL). (2) Metode pembelajaran Hypnoteaching lebih baik daripada model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) ditinjau dari hasil belajar matematika di kelas V SD N Duyungan 2 dan SD N Duyungan 3 Sidoharjo, Sragen. Jenis penelitian ini eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD N Duyungan 2 dan SD N Duyungan 3, Sidoharjo, Sragen. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes, dokumentasi dan observasi. Instrumen diuji dengan menggunakan uji validitas dan uji realibilitas. Sedangkan uji prasyarat analisis untuk mengetahui apakah data berdistribusi normal atau tidak menggunakan uji normalitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil uji t yaitu thitung > ttabel, yaitu 5,45 > 2,002. Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan penerapan penggunaan antara metode pembelajaran Hypnoteaching dengan model pembelajarann Contextual Teaching Learning (CTL) ditinjau dari hasil belajar matematika di kelas V SD N Duyungan 2 dan SD N Duyungan 3 Sidoharjo, Sragen. Rata-rata nilai hasil belajar matematika metode pembelajaran Hypnoteaching adalah 86,88 dan nilai rata-rata nilai hasil belajar model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) adalah 63,09. Jadi metode pembelajaran Hypnoteaching lebih baik dibandingkan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL).