Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan penalaran dan hasil belajar matematika bagi siswa kelas VIIIA SMP Negeri 3 Sawit melalui strategi Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Sumber data guru dan siswa. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode alur. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian, pertama penerapan strategi PBL dapat meningkatkan penalaran dan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIA SMP Negeri 3 Sawit. Kedua, peningkatan penalaran belajar matematika yaitu a) siswa yang mampu menyajikan pernyataan matematika dari kondisi awal 28,13% siklus I 46,88% dan siklus II 65,63%, b) siswa yang mampu mengajukan dugaan dari kondisi awal 31,25% siklus I 50% dan siklus II 71,88%, c) siswa yang mampu menyusun bukti dari kondisi awal 15,63% siklus I 34,38% dan siklus II 62,5%, d)siswa yang mampu memberikan alasan kebenaran solusi dari kondisi awal 21,88% siklus I 46,88% dan siklus II 78,13%, dan e) siswa yang mampu menarik kesimpulan dari kondisi awal 31,25% siklus I 50% dan siklus II 68,75%. Ketiga, peningkatan hasil belajar matematika dari kondisi awal 25% siklus I 46,88% dan siklus II 71,88%.