Peningkatan Komunikasi Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Strategi Card Sort (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII B Semester Ganjil SMP N 3 Satu Atap Grobogan 2013/2014)
Main Author: | Zainudin, Zainudin |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/27457/1/Cover.pdf http://eprints.ums.ac.id/27457/2/BAB_1.pdf http://eprints.ums.ac.id/27457/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/27457/6/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/27457/7/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/27457/11/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/27457/13/Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/27457/15/Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/27457/24/Jurnal_Publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/27457/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan komunikasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Satu Atap Grobogan pada materi relasi dan fungsi melalui strategi Card Sort. Jenis penelitian ini PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Satu Atap Grobogan, yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini: (1) Terdapat peningkatan komunikasi dilihat dari meningkatnya indikator komunikasi meliputi: a) Menjawab pertanyaan sebelum tindakan 12,5% dan di akhiri dengan tindakan sebesar 52,2%, b) Mengkomunikasikan gagasan dengan simbol atau tabel sebelum tindakan 16,7% dan di akhiri dengan tindakan sebesar 65,2%, (c) Kerja sama dalam kelompok sebelum tindakan 25% dan di akhiri dengan tindakan sebesar 78,3%. (2) Hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebelum dilakukan tindakan sebesar 29,2% dan di akhiri dengan tindakan sebesar 91,3%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan strategi Card Sort dalam pembelajaran dapat meningkatkan komunikasi dan hasil belajar.