Peningkatan Interaksi Ibu Dan Anak Retardasi Mental Melalui Pelatihan Bermain Pura-Pura Bersama Anak
Main Author: | Fithriya , Suci |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/27439/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/27439/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/27439/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/27439/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/27439/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/27439/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/27439/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/27439/8/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/27439/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/27439/ |
Daftar Isi:
- Bermain pura-pura merupakan kegiatan alamiah yang biasa dilakukan anak berusia mental di bawah lima tahun. Keterlibatan ibu dalam bermain pura-pura bersama anak dapat meningkatkan interaksi ibu dan anak retardasi mental. Pelatihan bermain pura-pura diberikan oleh profesional kepada ibu, supaya interaksi ibu dan anak retardasi mental meningkat, dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan bermain pura-pura bersama anak terhadap peningkatan interaksi ibu dan anak retardasi mental. Interaksi yang terjalin antara ibu dan anak retardasi mental menjadi lebih bermakna. Metode yang digunakan adalah pre-test post-test control group dengan sampel sejumlah delapan ibu yang memiliki anak retardasi mental berusia mental di bawah lima tahun. Empat ibu sebagai kelompok kontrol, dan empat ibu sebagai kelompok perlakuan. Sampel diambil dengan cara random sampling. Hasil menunjukkan bahwa pelatihan bermain pura-pura bersama anak dapat meningkatkan interaksi ibu dan anak retardasi mental dengan nilai t=-9,662 dan signifikansi p=0,002; p<0,05 pada kelompok perlakuan pada tahap pra perlakuan dan pasca perlakuan. Interaksi ibu dan anak retardasi mental pada ibu yang memiliki keterampilan bermain pura-pura bersama anak terjalin lebih bermakna setelah diberi perlakuan.