Kompetensi Paedagogik Guru Dalam Penanaman Karakter (Studi Situs di SMP Negeri 3 Karangdowo Klaten)
Main Author: | Windiyarsih, Titin |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/27418/1/Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/27418/2/Bab_1.pdf http://eprints.ums.ac.id/27418/3/Bab_2.pdf http://eprints.ums.ac.id/27418/5/Bab_3.pdf http://eprints.ums.ac.id/27418/6/Bab_4.pdf http://eprints.ums.ac.id/27418/9/Bab_5.pdf http://eprints.ums.ac.id/27418/10/Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/27418/13/Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/27418/15/Naskah_Publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/27418/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan: 1) Penanaman dan pengembangan nilai-nilai inti karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia; 2) Penanaman dan pengembangan nilai-nilai gaya hidup dalam pembelajaran bahasa Indonesia; dan 3) Penanaman dan pengembangan nilai-nilai sikap dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jenis penelitian adalah kualitatif. Pendekatan penelitian menggunakan fenomenologi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian yaitu : 1) Guru dalam menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik untuk menamamkan karakter dapat diimplementasikan melalui pembelajaran inovatif yang berpedoman pada silabus dan perencanaan pembelajaran, maka guru harus memperhatikan kebutuhan belajar peserta didik, memahami taraf perkembangan peserta didik, dan mengintegrasikan karakter; 2) Guru dalam mengembangkan potensi peserta didik untuk penanaman karakter melalui tahapan pembelajaran eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi sesuai standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, dan menanamkan karakter