Studi Tingkat Kepuasan Penggunaan Situs Pasoepati.net di Kalangan Suporter Sepak Bola (Pasoepati) di Kota Surakarta
Main Author: | Prasetyo, Adita Giri |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/27316/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/27316/2/04._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/27316/3/05._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/27316/5/06._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/27316/6/07._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/27316/12/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/27316/13/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/27316/14/02._Naskah_Publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/27316/ |
ctrlnum |
27316 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/27316/</relation><title>Studi Tingkat Kepuasan Penggunaan Situs Pasoepati.net
di Kalangan Suporter Sepak Bola (Pasoepati)
di Kota Surakarta</title><creator>Prasetyo, Adita Giri </creator><subject>H Social Sciences (General)</subject><description>Tingkat kepuasan suatu khalayak saat sekarang ini dapat diukur dengan menggunakan teknologi media baru atau media internet. Kemunculan internet sebagai media baru dan media sosial sangat berpengaruh bagi khalayak khususnya
pecinta sepak bola terutama suporter sepak bola (pasoepati) dibidang media massa. Suatu media dianggap berusaha untuk memenuhi kebutuhan khalayak. Jika kebutuhan terpenuhi, kepuasan dalam menggunakan media dapat terpenuhi
sehingga media yang mampu memenuhi kebutuhan khalayak disebut media efektif. Namun konsep dasar teori ini menganggap bahwa khalayaklah yang
dianggap aktif dalam menggunakan media. Salah satu situs media online yang bergerak dibidang olah raga khususnya sepak bola yaitu pasoepati.net. Situs ini
adalah situs yang mengupas tentang klub sepak bola di Kota Surakarta yaitu persis Solo dan suporternya yaitu pasoepati.
Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratifications salah satu jenis penelitian kuantitatif, inti dari teori Uses and Gratifications yaitu khalayak
menggunakan media massa berdasarkan motif- motif tertentu. Metode penelitian ini adalah metode penelitian survai dengan responden 100 orang. Penelitian ini
dilakukan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan dan apakah terdapat kesejangan kepuasan khalayak sebelum dan sesudah mengakses situs tersebut.
Dan analisa datanya menggunakan Analisis Discrepancy. Setelah melakuka analisis data tabulasi silang dan Analisis Discrepancy, maka akan diketahui apakah penelitian ini menunjukan kesenjangan kepuasan didalam media situs web
tersebut. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kesenjangan kepuasan media ini terdapat didalam kategori sedang, dikarenakan tingkat pemenuhan kepuasan
media ini tergolong tinggi atau hampir semua jenis- jenis kebutuhan dari situs web pasoepati.net ini dapat dipenuhi dan tidak ada jenis- jenis kebutuhan dari situs
web pasoepati.net yang tidak dapat dipenuhi. Dalam penelitian ini penggunaan media (Media Use) tidak mempengaruhi hasil kepuasan seseorang dalam
mengkonsumsi suatu media. </description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/27316/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/27316/2/04._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/27316/3/05._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/27316/5/06._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/27316/6/07._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/27316/12/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/27316/13/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/27316/14/02._Naskah_Publikasi.pdf</identifier><identifier> Prasetyo, Adita Giri (2013) Studi Tingkat Kepuasan Penggunaan Situs Pasoepati.net di Kalangan Suporter Sepak Bola (Pasoepati) di Kota Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>L100070078</relation><recordID>27316</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Prasetyo, Adita Giri |
title |
Studi Tingkat Kepuasan Penggunaan Situs Pasoepati.net
di Kalangan Suporter Sepak Bola (Pasoepati)
di Kota Surakarta |
publishDate |
2013 |
topic |
H Social Sciences (General) |
url |
http://eprints.ums.ac.id/27316/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/27316/2/04._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/27316/3/05._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/27316/5/06._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/27316/6/07._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/27316/12/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/27316/13/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/27316/14/02._Naskah_Publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/27316/ |
contents |
Tingkat kepuasan suatu khalayak saat sekarang ini dapat diukur dengan menggunakan teknologi media baru atau media internet. Kemunculan internet sebagai media baru dan media sosial sangat berpengaruh bagi khalayak khususnya
pecinta sepak bola terutama suporter sepak bola (pasoepati) dibidang media massa. Suatu media dianggap berusaha untuk memenuhi kebutuhan khalayak. Jika kebutuhan terpenuhi, kepuasan dalam menggunakan media dapat terpenuhi
sehingga media yang mampu memenuhi kebutuhan khalayak disebut media efektif. Namun konsep dasar teori ini menganggap bahwa khalayaklah yang
dianggap aktif dalam menggunakan media. Salah satu situs media online yang bergerak dibidang olah raga khususnya sepak bola yaitu pasoepati.net. Situs ini
adalah situs yang mengupas tentang klub sepak bola di Kota Surakarta yaitu persis Solo dan suporternya yaitu pasoepati.
Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratifications salah satu jenis penelitian kuantitatif, inti dari teori Uses and Gratifications yaitu khalayak
menggunakan media massa berdasarkan motif- motif tertentu. Metode penelitian ini adalah metode penelitian survai dengan responden 100 orang. Penelitian ini
dilakukan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan dan apakah terdapat kesejangan kepuasan khalayak sebelum dan sesudah mengakses situs tersebut.
Dan analisa datanya menggunakan Analisis Discrepancy. Setelah melakuka analisis data tabulasi silang dan Analisis Discrepancy, maka akan diketahui apakah penelitian ini menunjukan kesenjangan kepuasan didalam media situs web
tersebut. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kesenjangan kepuasan media ini terdapat didalam kategori sedang, dikarenakan tingkat pemenuhan kepuasan
media ini tergolong tinggi atau hampir semua jenis- jenis kebutuhan dari situs web pasoepati.net ini dapat dipenuhi dan tidak ada jenis- jenis kebutuhan dari situs
web pasoepati.net yang tidak dapat dipenuhi. Dalam penelitian ini penggunaan media (Media Use) tidak mempengaruhi hasil kepuasan seseorang dalam
mengkonsumsi suatu media. |
id |
IOS2728.27316 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:48:17Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:48:21Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810767597142016 |
score |
17.538404 |