Daftar Isi:
  • Semakin meningkatnya tuntutan masyarakat akan mutu pelayanan maka pelayanan kesehatan dalam rumah sakit secara bertahap perlu terus ditingkatkan agar menjadi lebih efektif dan efisien bagi pasien, keluarga maupun masyarakat. Banyak pasien mengeluh terhadap pelayanan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Surakarta (IFRSUD) karena tidak semua obat dapat diperoleh dan lamanya pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mutu pelayanan terhadap pengambilan obat di IFRSUD Surakarta. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien di IFRSUD Surakarta, berjumlah 1344 dalam 1 bulan. Pemilihan sampel dengan simple random sampling sebanyak 93 pasien. Uji statistik menggunakan chi square dengan menggunakan SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan mutu pelayanan tampilan fisik (p<0,05), kehandalan (p<0,05), ketanggapan (p<0,05), jaminan (p<0,05) dan empati (p<0,05) Instalasi Farmasi dengan pengambilan obat pasien rawat jalan di RSUD Surakarta