Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Perubahan Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Tentang Kebiasaan Berperilaku Hidup Bersih Dan Sehat Siswa SDN 1 Mandong
Main Author: | Pratama, Ryan Kendi Okta |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/27163/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/27163/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/27163/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/27163/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/27163/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/27163/7/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/27163/8/BAB_VI.pdf http://eprints.ums.ac.id/27163/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/27163/10/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/27163/13/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/27163/ |
Daftar Isi:
- Anak usia sekolah merupakan masa usia anak yang sangat berbeda dengan usia dewasa. Di dalam periode ini didapatkan banyak permasalahan kesehatan yang sangat menentukan kualitas anak dikemudian hari. Pada siswa sekolah dasar masalah kesehatan yang dihadapi terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat yang belum diterapkan dengan baik. Dari hasil observasi dan wawancara terhadap 7 siswa, 5 siswa diantaranya mempunyai kebiasaan membuang sampah tidak pada tempatnya, sering ada siswa tidak mengikuti kegiatan olahraga di sekolah, siswa jajan makanan di luar sekolah, banyak siswa tidak mencuci tangan terlebih dahulu sebelum mengambil makanan. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap perubahan pengetahuan, sikap dan perilaku tentang kebiasaan berperilaku hidup bersih dan sehat siswa SDN 1 Mandong. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan one group pre test and post test design. Tehnik pengambilan sampel dengan total sampling dengan jumlah sampel 52 responden. Instrumen penelitian berupa kuesioner pengetahuan dan sikap serta lembar observasi untuk perilaku. Data penelitian diperoleh dengan cara memberikan test sebanyak dua kali yaitu sebelum diberikan pendidikan kesehatan dan setelah pendidikan kesehatan. Analisis data penelitian menggunakan uji paired t test dan wilcoxon rank test. Hasil penelitian diketahui pengetahuan, sikap dan perilaku siswa meningkat setelah menerima pendidikan kesehatan. Hasil analisis data pengetahuan diperoleh paired sample test = 9,543 p = 0,001, Hasil analisis data sikap diperoleh paired sample test sebesar = 11,122 dengan nilai p = 0,001 dan perubahan perilaku dengan nilai wilcoxon rank test sebesar = 3,411 dengan nilai p = 0,001. Kesimpulan penelitian adalah ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap perubahan pengetahuan, sikap dan perilaku tentang perilaku hidup bersih dan sehat siswa SDN 1 Mandong.