Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan efikasi diri terhadap kegigihan mengajar pada guru SLB-E. Hipotesis yang diajukan: pelatihan efikasi diri dapat meningkatkan kegigihan mengajar guru SLB-E. Subjek penelitian yaitu staf pengajar atau guru SLB E Bhina Putera Surakarta, kelompok eksperimen 11 orang, dan kelompok kontrol juga 11 orang. Metode pengumpulan data menggunakan skala kegigihan mengajar, intervensi menggunakan pelatihan efikasi diri.Teknik analisis data menggunakan analisis uji-t dan wilcoxon rank test. Hasil analisis saat pretest diperoleh nilai t = 2,040; sig 0,055 (p > 0,05) menunjukkan tidak ada perbedaan kegigihan mengajar antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Saat posttest diperoleh nilai t = 2,286; sig 0,33 (p < 0,05). Menunjukkan ada perbedaan yang signifikan kegigihan mengajar antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol pada saat pretest. Pada saat follow up diperoleh nilai t = 2,106; sig 0,048 (p < 0,05). Hasil ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan kegigihan mengajar antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol pada saat follow up. Kelompok eksperimen memiliki kegigihan yang lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol.