Daftar Isi:
  • Latar Belakang Mutu pelayanan kesehatan adalah pelayanan kesehatan yang dapat memuaskan setiap jasa pemakai pelayanan kesehatan yang sesuai dengan tingkat kepuasan rata- rata penduduk serta penyelenggaraannya sesuai dengan standar dan kode etik profesi, yang dimaksud pelayanan kesehatan disini adalah sistem yang tercakup dalam pelayanan fisioterapi. kepuasan pasien adalah indikator pertama dari standar rumah sakit dan merupakan suatu ukuran mutu pelayanan Tujuan Penelitian: untuk mengetahui hubungan antara mutu pelayanan fisioterapi dengan kepuasan pasien Low Back Pain di Rumah Sakit Dr. Moewardi. Metode Penelitian: Jenis penelitian yang dilakukan adalah dengan pendekatan cross-sectional, yaitu suatu penelitian untuk mempelajari dinamika korelasi antara faktor-faktor resiko dengan efek, dengan cara pendekatan Point Time Approach. Teknik analisa data memakai memakai kuesioner dan memakai analisis bivariate, dilakukan kepada 2 variabel yang diduga berhubungan atau berkorelasi. Sebelum dilakukan uji analisa data terlebih dahulu dilakukan uji normalitas data dengan one sample-kolmogorof-smirnov, data berdistribusi normal maka mengunakan pengujian statistik parametrik data tidak berdistribusi normal menggunakan pengujian statistik non-parametrik. Hasil Penelitian: Berdasarkan hasil pengujian normalitas di atas diketahui pada penelitian ini diperoleh nilai probabilitas (p) mutu pelayanan dan kepuasan pasien adalah 0,00 atau < 0,05 maka data berdistribusi tidak normal. Hasil uji korelasi Spearman sebagaimana tampak pada tabel 4.6, diperoleh nilai (p) sebesar 0,04 artinya < 0,05 hasil tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan antara mutu pelayanan dengan kepuasan pasien Low Back Pain. Kesimpulan: Membuktikan adanya pengaruh Hubungan antara mutu pelayanan dan kepuasan pasien Low Back Pain (LBP).