Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan media gambar seri pada siswa kelas IV di SD Negeri Langgenharjo 01 Tahun 2013/2014. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Langgenharjo 01 yang berjumlah 26 siswa. Prosedur penelitian meliputi: permasalahan, perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah tehnik analisis diskriptif komperatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis cerita pendek. Sebelum pelaksanaan tindakan kemampuan menulis cerita pendek siswa rendah. Rata-rata nilai kemampuan menulis cerita pendek siswa hanya 61,9. Setelah dilaksanakan tindakan pada Siklus I maka kemampuan menulis siswa meningkat menjadi 73,5. Pada Siklus II kemampuan menulis siswa meningkat lagi, menjadi 86,9. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan gambar seri dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas IV SD Neger Langgenharjo 01 tahun 2013/2014.