ctrlnum 26986
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/26986/</relation><title>Peningkatan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Siswa Kelas V SDN Gelur</title><creator>Supono, Supono</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk&#xD; meningkatkan kreativitas belajar Matematika melalui model pembelajaran&#xD; Creative Problem Solving. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian&#xD; ini adalah PTK. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa&#xD; dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V&#xD; SDN. Tahapan penelitian terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,&#xD; observasi, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan selama 2 siklus, siklus pertama&#xD; dilakukan dua kali pertemuan sedangkan siklus kedua dilakukan satu kali&#xD; pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Gelur dengan jumlah&#xD; siswa 14 siswa terdiri dari 9 putra dan 5 putri,dan guru kelas V SDN Gelur.&#xD; Obyek penelitian ini adalah peningkatan kreativitas belajar siswa dan Creative&#xD; Problem Solving. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan&#xD; lembar observasi,tes, dan dokumentasi,. Indikator kreativitas belajar Matematika&#xD; adalah sebagai berikut: (1) rasa ingin tahu; (2) minat,ulet dan tekun dalam&#xD; mangarjakan soal (3) daya imajinasi kuat. Teknik analisis data dilakukan dengan&#xD; tahapan (1) reduksi data (2) display data dan (3) penarikan kesimpulan.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan teknik analisis data dapat&#xD; disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kreativitas belajar siswa kelas V SDN&#xD; Gelur setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran&#xD; Creative Problem Solving. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tahap pra siklus,&#xD; siklus I dan siklus II. Pada tahap pra siklus diketahui kreatifitas siswa rendah&#xD; dengan presentase 29%. Pada siklus I terdapat peningkatan kreativitas belajar&#xD; siswa dengan nilai presentase kreativitas belajar siswa 64% dan pada siklus II&#xD; kreativitas belajar siswa sangat baik dengan presentase 85%. Hal ini&#xD; membuktikan adanya peningkatan kreativitas belajar siswa dengan penerapan&#xD; model pembelajaran CreativeProblem Solving.</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26986/1/3._Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26986/2/4._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26986/3/5._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26986/4/6._BAB_III_.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26986/5/7._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26986/6/8._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26986/7/9._DAFTAR_PUSTAKA_.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26986/8/10._Lampiran.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26986/9/2._Naskah_Publikasi.pdf</identifier><identifier> Supono, Supono (2013) Peningkatan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Siswa Kelas V SDN Gelur. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A54E090014</relation><recordID>26986</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Supono, Supono
title Peningkatan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Siswa Kelas V SDN Gelur
publishDate 2013
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/26986/1/3._Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26986/2/4._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26986/3/5._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26986/4/6._BAB_III_.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26986/5/7._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26986/6/8._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26986/7/9._DAFTAR_PUSTAKA_.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26986/8/10._Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26986/9/2._Naskah_Publikasi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26986/
contents Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar Matematika melalui model pembelajaran Creative Problem Solving. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah PTK. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SDN. Tahapan penelitian terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan selama 2 siklus, siklus pertama dilakukan dua kali pertemuan sedangkan siklus kedua dilakukan satu kali pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Gelur dengan jumlah siswa 14 siswa terdiri dari 9 putra dan 5 putri,dan guru kelas V SDN Gelur. Obyek penelitian ini adalah peningkatan kreativitas belajar siswa dan Creative Problem Solving. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan lembar observasi,tes, dan dokumentasi,. Indikator kreativitas belajar Matematika adalah sebagai berikut: (1) rasa ingin tahu; (2) minat,ulet dan tekun dalam mangarjakan soal (3) daya imajinasi kuat. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan (1) reduksi data (2) display data dan (3) penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan teknik analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kreativitas belajar siswa kelas V SDN Gelur setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran Creative Problem Solving. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap pra siklus diketahui kreatifitas siswa rendah dengan presentase 29%. Pada siklus I terdapat peningkatan kreativitas belajar siswa dengan nilai presentase kreativitas belajar siswa 64% dan pada siklus II kreativitas belajar siswa sangat baik dengan presentase 85%. Hal ini membuktikan adanya peningkatan kreativitas belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran CreativeProblem Solving.
id IOS2728.26986
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:48:01Z
last_indexed 2016-09-22T02:48:02Z
recordtype dc
_version_ 1765810765610090496
score 17.538404