Peningkatan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Siswa Kelas V SDN Gelur
Main Author: | Supono, Supono |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/26986/1/3._Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/26986/2/4._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/26986/3/5._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/26986/4/6._BAB_III_.pdf http://eprints.ums.ac.id/26986/5/7._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/26986/6/8._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/26986/7/9._DAFTAR_PUSTAKA_.pdf http://eprints.ums.ac.id/26986/8/10._Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/26986/9/2._Naskah_Publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/26986/ |
ctrlnum |
26986 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/26986/</relation><title>Peningkatan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Siswa Kelas V SDN Gelur</title><creator>Supono, Supono</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk
meningkatkan kreativitas belajar Matematika melalui model pembelajaran
Creative Problem Solving. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian
ini adalah PTK. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa
dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V
SDN. Tahapan penelitian terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan selama 2 siklus, siklus pertama
dilakukan dua kali pertemuan sedangkan siklus kedua dilakukan satu kali
pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Gelur dengan jumlah
siswa 14 siswa terdiri dari 9 putra dan 5 putri,dan guru kelas V SDN Gelur.
Obyek penelitian ini adalah peningkatan kreativitas belajar siswa dan Creative
Problem Solving. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan
lembar observasi,tes, dan dokumentasi,. Indikator kreativitas belajar Matematika
adalah sebagai berikut: (1) rasa ingin tahu; (2) minat,ulet dan tekun dalam
mangarjakan soal (3) daya imajinasi kuat. Teknik analisis data dilakukan dengan
tahapan (1) reduksi data (2) display data dan (3) penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan teknik analisis data dapat
disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kreativitas belajar siswa kelas V SDN
Gelur setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran
Creative Problem Solving. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tahap pra siklus,
siklus I dan siklus II. Pada tahap pra siklus diketahui kreatifitas siswa rendah
dengan presentase 29%. Pada siklus I terdapat peningkatan kreativitas belajar
siswa dengan nilai presentase kreativitas belajar siswa 64% dan pada siklus II
kreativitas belajar siswa sangat baik dengan presentase 85%. Hal ini
membuktikan adanya peningkatan kreativitas belajar siswa dengan penerapan
model pembelajaran CreativeProblem Solving.</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26986/1/3._Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26986/2/4._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26986/3/5._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26986/4/6._BAB_III_.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26986/5/7._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26986/6/8._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26986/7/9._DAFTAR_PUSTAKA_.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26986/8/10._Lampiran.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26986/9/2._Naskah_Publikasi.pdf</identifier><identifier> Supono, Supono (2013) Peningkatan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Siswa Kelas V SDN Gelur. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A54E090014</relation><recordID>26986</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Supono, Supono |
title |
Peningkatan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Siswa Kelas V SDN Gelur |
publishDate |
2013 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/26986/1/3._Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/26986/2/4._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/26986/3/5._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/26986/4/6._BAB_III_.pdf http://eprints.ums.ac.id/26986/5/7._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/26986/6/8._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/26986/7/9._DAFTAR_PUSTAKA_.pdf http://eprints.ums.ac.id/26986/8/10._Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/26986/9/2._Naskah_Publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/26986/ |
contents |
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk
meningkatkan kreativitas belajar Matematika melalui model pembelajaran
Creative Problem Solving. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian
ini adalah PTK. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa
dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V
SDN. Tahapan penelitian terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan selama 2 siklus, siklus pertama
dilakukan dua kali pertemuan sedangkan siklus kedua dilakukan satu kali
pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Gelur dengan jumlah
siswa 14 siswa terdiri dari 9 putra dan 5 putri,dan guru kelas V SDN Gelur.
Obyek penelitian ini adalah peningkatan kreativitas belajar siswa dan Creative
Problem Solving. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan
lembar observasi,tes, dan dokumentasi,. Indikator kreativitas belajar Matematika
adalah sebagai berikut: (1) rasa ingin tahu; (2) minat,ulet dan tekun dalam
mangarjakan soal (3) daya imajinasi kuat. Teknik analisis data dilakukan dengan
tahapan (1) reduksi data (2) display data dan (3) penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan teknik analisis data dapat
disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kreativitas belajar siswa kelas V SDN
Gelur setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran
Creative Problem Solving. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tahap pra siklus,
siklus I dan siklus II. Pada tahap pra siklus diketahui kreatifitas siswa rendah
dengan presentase 29%. Pada siklus I terdapat peningkatan kreativitas belajar
siswa dengan nilai presentase kreativitas belajar siswa 64% dan pada siklus II
kreativitas belajar siswa sangat baik dengan presentase 85%. Hal ini
membuktikan adanya peningkatan kreativitas belajar siswa dengan penerapan
model pembelajaran CreativeProblem Solving. |
id |
IOS2728.26986 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:48:01Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:48:02Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810765610090496 |
score |
17.538404 |