Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Pkn melalui penerapan strategi pembelajaran diskusi make a match. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini PTK. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV dan guru SDN Gelur pada tanggal 19 Agustus 2013. Tahapan penelitian terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan selama 2 siklus, siklus pertama dilakukan dua kali pertemuan sedangkan siklus kedua dilakukan satu kali pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Gelur dengan jumlah siswa 11 siswa terdiri dari 6 putra dan 5 putri dan guru kelas IV. Obyek penelitian ini adalah peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dan diskusi make a match.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi, dan bahan ajar. Hasil analisis data diskriptif interaktif dan diskriptif kualitatif bahwa ada peningkatan keaktifan belajar siswa kelas IV SDN Gelur setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi diskusi make a match. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap pra siklus diketahui keaktifan siswa rendah dengan presentase 36%. Pada siklus I terdapat keaktifan belajar siswa sedikit meningkat pada tahap sedang dengan nilai presentase keaktifan belajar siswa 64% dan pada siklus II keaktifan belajar siswa sangat baik dengan presentase 83%. Begitu juga hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yakni pada pra siklus siwa yang mencapai KKM 36 %, pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 54 % dan setelah siklus II peningkatan hasil belajar siswa mencapai 91 %. Hal ini membuktikan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan penerapan strategi diskusi make a match.