Daftar Isi:
  • Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini untuk meningkatkan hasil belajar khususnya IPA siswa kelas III SD N 4 Barenglor dengan metode STAD pada materi penggolongan makhluk hidup. Subyek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas III SD N 4 Barenglor Klaten Utara Klaten yang berjumlah 47 siswa, yang terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 25 siswa perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan tes belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD N 4 Barenglor Klaten Utara Klaten. Hal ini di buktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus hanya 48,9 % siswa yang nilainya di atas KKM , pada siklus pertama pertemuan pertama ada 78 % siswa yang nilainya diatas KKM, namun setelah dilakukan siklus pertama pertemuan kedua, 89% hasil belajar siswa nilainya diatas KKM. Metode STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas III SD N 4 Barenglor Klaten Utara KLaten.