Upaya Peningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Penggolongan Makhluk Hidup Dengan Metode Stad Siswa Kelas III SDN 4 Barenglor Klaten Utara Tahun Pelajaran 2013/2014
Main Author: | Susilawati, Susilawati |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/26950/1/1_HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/26950/2/2_BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/26950/7/3_BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/26950/10/4_BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/26950/12/5_BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/26950/13/6_BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/26950/15/7_Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/26950/17/8_LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/26950/19/9_NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/26950/ |
Daftar Isi:
- Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini untuk meningkatkan hasil belajar khususnya IPA siswa kelas III SD N 4 Barenglor dengan metode STAD pada materi penggolongan makhluk hidup. Subyek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas III SD N 4 Barenglor Klaten Utara Klaten yang berjumlah 47 siswa, yang terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 25 siswa perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan tes belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD N 4 Barenglor Klaten Utara Klaten. Hal ini di buktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus hanya 48,9 % siswa yang nilainya di atas KKM , pada siklus pertama pertemuan pertama ada 78 % siswa yang nilainya diatas KKM, namun setelah dilakukan siklus pertama pertemuan kedua, 89% hasil belajar siswa nilainya diatas KKM. Metode STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas III SD N 4 Barenglor Klaten Utara KLaten.