Pengembangan Kecerdasan Logika Matematika Pada Anak Kelompok B Melalui Media Pembelajaran Rumah Hitung TK Aisyiyah IX Karangbulu Mudal Boyolali Tahun Ajaran 2013 / 2014
Main Author: | Astutik, Astutik |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/26798/1/Halaman_depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/26798/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/26798/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/26798/6/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/26798/7/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/26798/9/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/26798/11/Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/26798/12/Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/26798/14/Naskah_Publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/26798/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan logika matematika anak dengan menggunakan rumah hitung. Pengembangan kecerdasan logika matematika anak perlu ditingkatkan, karena saat ini baru 25%, padahal diharapkan kecerdasan logika matematika anak mencapai 85%. Salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan logika matematika adalah dengan menggunakan pembelajaran rumah hitung. Melalui penelitian tindakan kelas komperatif kritis antara peneliti dengan kolaburator / teman sejawat selaku guru kelas di Kelompok B. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kecerdasan logika matematika pada anak kelompok B dengan menggunakan pembelajaran rumah hitung, awal prasiklus sebesar 25%, pasca siklus I 50% kemudian meningkat pada pasca siklus II mencapai 90%. Keberhasilan pengembangan kecerdasan logika matematika anak dipengaruhi oleh media yakni rumah hitung, dan metode pendukungnya yaitu belajar sambil bermain. Dalam penelitian ini menggunakan permainan rumah hitung yang dibuat bervariasi tiap pertemuan. Dengan media rumah hitung anak dapat ikut terlibat langsung dalam kegiatan pembelajaran, sehingga dengan ikut terlibat langsung memungkinkan anak untuk tidak segera lupa dengan kegiatan yang telah diajarkan. Kesimpulan dengan melalui media pembelajaran rumah hitung dapat meningkatkan kecerdasan logika matematika pada anak kelompok B TK Aisyiyah IX Karanbulu, Boyolali tahun ajaran 2013/2014.