Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Kartu Huruf Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi II Sumberejo Kabupaten Klaten Tahun 2013/2014
Main Author: | Bawani, Partiwi Kestu |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/26760/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/26760/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/26760/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/26760/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/26760/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/26760/12/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/26760/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/26760/14/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/26760/15/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/26760/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan : Untuk peningkatan kemampuan membaca permulaan dan memahami kosa kata di TK Pertiwi II Sumberejo, Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam rangka memenuhi syarat untuk mendapatkan gelar sarjana Pendidikan Anak Usia Dini, subyek penelitian guru dan anak pada kelompok B TK Pertiwi II Sumberejo Klaten. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Indikator kinerja yang ingin dicapai antara lain; Membaca buku cerita bergambar yang memiliki kalimat sederhana dan menceritakan isi buku dengan menunjuk beberapa kata yang dikenal, mengelompokkan kat-kata yang sejenis, menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan symbol yang melambangkannya. Rancangan penelitian tindakan kelas (Class Room Action) berbentuk siklus-siklus seolah-olah merupakan proses daur ulang, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dari hasil analisis pada Bab IV disimpulkan bahwa “ menggunaan permainan dengan kartu huruf dapat meningkatkan Kemampuan Berbahasa permulaan pada anak kelompok B di TK Pertiwi II Sumberejo, Klaten”. D a ri siklus-siklus kegiatan yang telah dilaksanakan diperoleh hasil sebagai berikut: siklus I prosentasi siswa yang dapat membaca dan menguasai kosa kata sebanyak 12 anak (60%), pada siklus II disajikan permainan yang lebih menarik dan dengan tema yang lain dan diselingi dengan beberapa lagu prosentase keberhasilan menjadi 16 anak (80%).