Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keaktifan dan hasil belajar melalui penerapan strategi Role Reversal Questions untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran Matematika. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 1 Ronggojati yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, Tes, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu menganalisis data perkembangan siswa siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar kelas V SD Negeri 1 Ronggojati. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata presentase keaktifan sebelum tindakan 29,15% setelah tindakan siklus I terjadi peningkatan menjadi 47,90% dan siklus II adalah 72,91%. Siswa yang mencapai daya serap ≥55 sebelum tindakan 29,15% setelah tindakan siklus I mengalami peningkatan menjadi 70,83% dan siklus II adalah 87,5%.