Upaya PeningkatanAktivitas Belajar Melalui Penerapan Pendekatan SETS (Science, Enviroment,Technology Society) Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Kaliwuluh Kebakkramat Tahun Pelajaran 2012/2013
Main Author: | SANTOSO, HERU |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/26712/1/2.HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/26712/2/3.BAB_1.pdf http://eprints.ums.ac.id/26712/3/4.BAB_2.pdf http://eprints.ums.ac.id/26712/4/5.BAB_3.pdf http://eprints.ums.ac.id/26712/5/6.BAB_4.pdf http://eprints.ums.ac.id/26712/6/7.BAB_5.pdf http://eprints.ums.ac.id/26712/8/8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/26712/15/9.LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/26712/17/NASKAH_JURNAL_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/26712/ |
ctrlnum |
26712 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/26712/</relation><title>Upaya PeningkatanAktivitas Belajar Melalui Penerapan Pendekatan SETS (Science, Enviroment,Technology Society) Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Kaliwuluh Kebakkramat Tahun Pelajaran 2012/2013</title><creator>SANTOSO, HERU </creator><subject>LB1501 Primary Education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar IPA melalui penerapan pembelajaran SETS pada siswa kelas IV sekolah Dasar Negeri 03 Kaliwuluh Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK), melalui model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.
Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dan guru kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Kaliwuluh Kebakkramat dengan jumlah subyek penelitian siswa kelas IV sebanyak 20 siswa.
Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi,dokumentasi dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif
yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan aktivitas belajar IPA
melalui penerapan pendekatan SETS. Peningkatan aktivitas belajar dapat dilihat dari indikator pada masing-masing siklus sebagai berikut: (1) Siswa yang bekerja sama
sebanyak 9 siswa pada kondisi awal, meningkat menjadi 16 siswa atau 80% pada kondisi akhir; (2) Siswa yang mengerjakan soal dengan hasil benar 10 siswa pada
kondisi awal meningkat menjadi 17 siswa atau 85% pada kondisi akhir; (3) Siswa yang menjawab pertanyaan dan mau bertanya kepada guru dari 12 siswa pada
kondisi awal meningkat menjadi 18 siswa atau 90% pada kondisi akhir;(4) Siswa yang berani menyampaikan pendapat dari 10 siswa pada kondisi awal meningkat
menjadi 17 siswa atau 85% pada kondisi akhir.
Dengan demikian besarnya peningkatan rata-rata pada semua indikator siswa sebesar 33,75%, sehingga hipotesis tindakan yang telah dirumuskan yakni: Penerapan pendekatan pembelajaran SETS dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA
pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Kaliwuluh Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013, dapat terjawab atau diterima
</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26712/1/2.HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26712/2/3.BAB_1.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26712/3/4.BAB_2.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26712/4/5.BAB_3.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26712/5/6.BAB_4.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26712/6/7.BAB_5.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26712/8/8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26712/15/9.LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26712/17/NASKAH_JURNAL_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> SANTOSO, HERU (2013) Upaya PeningkatanAktivitas Belajar Melalui Penerapan Pendekatan SETS (Science, Enviroment,Technology Society) Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Kaliwuluh Kebakkramat Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510070312</relation><recordID>26712</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
SANTOSO, HERU |
title |
Upaya PeningkatanAktivitas Belajar Melalui Penerapan Pendekatan SETS (Science, Enviroment,Technology Society) Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Kaliwuluh Kebakkramat Tahun Pelajaran 2012/2013 |
publishDate |
2013 |
topic |
LB1501 Primary Education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/26712/1/2.HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/26712/2/3.BAB_1.pdf http://eprints.ums.ac.id/26712/3/4.BAB_2.pdf http://eprints.ums.ac.id/26712/4/5.BAB_3.pdf http://eprints.ums.ac.id/26712/5/6.BAB_4.pdf http://eprints.ums.ac.id/26712/6/7.BAB_5.pdf http://eprints.ums.ac.id/26712/8/8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/26712/15/9.LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/26712/17/NASKAH_JURNAL_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/26712/ |
contents |
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar IPA melalui penerapan pembelajaran SETS pada siswa kelas IV sekolah Dasar Negeri 03 Kaliwuluh Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK), melalui model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.
Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dan guru kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Kaliwuluh Kebakkramat dengan jumlah subyek penelitian siswa kelas IV sebanyak 20 siswa.
Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi,dokumentasi dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif
yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan aktivitas belajar IPA
melalui penerapan pendekatan SETS. Peningkatan aktivitas belajar dapat dilihat dari indikator pada masing-masing siklus sebagai berikut: (1) Siswa yang bekerja sama
sebanyak 9 siswa pada kondisi awal, meningkat menjadi 16 siswa atau 80% pada kondisi akhir; (2) Siswa yang mengerjakan soal dengan hasil benar 10 siswa pada
kondisi awal meningkat menjadi 17 siswa atau 85% pada kondisi akhir; (3) Siswa yang menjawab pertanyaan dan mau bertanya kepada guru dari 12 siswa pada
kondisi awal meningkat menjadi 18 siswa atau 90% pada kondisi akhir;(4) Siswa yang berani menyampaikan pendapat dari 10 siswa pada kondisi awal meningkat
menjadi 17 siswa atau 85% pada kondisi akhir.
Dengan demikian besarnya peningkatan rata-rata pada semua indikator siswa sebesar 33,75%, sehingga hipotesis tindakan yang telah dirumuskan yakni: Penerapan pendekatan pembelajaran SETS dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA
pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Kaliwuluh Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013, dapat terjawab atau diterima
|
id |
IOS2728.26712 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:47:46Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:47:50Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810763825414144 |
score |
17.538404 |