Upaya PeningkatanAktivitas Belajar Melalui Penerapan Pendekatan SETS (Science, Enviroment,Technology Society) Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Kaliwuluh Kebakkramat Tahun Pelajaran 2012/2013

Main Author: SANTOSO, HERU
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/26712/1/2.HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26712/2/3.BAB_1.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26712/3/4.BAB_2.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26712/4/5.BAB_3.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26712/5/6.BAB_4.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26712/6/7.BAB_5.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26712/8/8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26712/15/9.LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26712/17/NASKAH_JURNAL_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26712/
ctrlnum 26712
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/26712/</relation><title>Upaya PeningkatanAktivitas Belajar Melalui Penerapan Pendekatan SETS (Science, Enviroment,Technology Society) Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Kaliwuluh Kebakkramat Tahun Pelajaran 2012/2013</title><creator>SANTOSO, HERU </creator><subject>LB1501 Primary Education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar IPA melalui penerapan pembelajaran SETS pada siswa kelas IV sekolah Dasar Negeri 03 Kaliwuluh Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013.&#xD; Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK), melalui model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.&#xD; Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dan guru kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Kaliwuluh Kebakkramat dengan jumlah subyek penelitian siswa kelas IV sebanyak 20 siswa.&#xD; Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi,dokumentasi dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif&#xD; yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan aktivitas belajar IPA&#xD; melalui penerapan pendekatan SETS. Peningkatan aktivitas belajar dapat dilihat dari indikator pada masing-masing siklus sebagai berikut: (1) Siswa yang bekerja sama&#xD; sebanyak 9 siswa pada kondisi awal, meningkat menjadi 16 siswa atau 80% pada kondisi akhir; (2) Siswa yang mengerjakan soal dengan hasil benar 10 siswa pada&#xD; kondisi awal meningkat menjadi 17 siswa atau 85% pada kondisi akhir; (3) Siswa yang menjawab pertanyaan dan mau bertanya kepada guru dari 12 siswa pada&#xD; kondisi awal meningkat menjadi 18 siswa atau 90% pada kondisi akhir;(4) Siswa yang berani menyampaikan pendapat dari 10 siswa pada kondisi awal meningkat&#xD; menjadi 17 siswa atau 85% pada kondisi akhir.&#xD; Dengan demikian besarnya peningkatan rata-rata pada semua indikator siswa sebesar 33,75%, sehingga hipotesis tindakan yang telah dirumuskan yakni: Penerapan pendekatan pembelajaran SETS dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA&#xD; pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Kaliwuluh Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013, dapat terjawab atau diterima&#xD; </description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26712/1/2.HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26712/2/3.BAB_1.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26712/3/4.BAB_2.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26712/4/5.BAB_3.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26712/5/6.BAB_4.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26712/6/7.BAB_5.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26712/8/8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26712/15/9.LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26712/17/NASKAH_JURNAL_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> SANTOSO, HERU (2013) Upaya PeningkatanAktivitas Belajar Melalui Penerapan Pendekatan SETS (Science, Enviroment,Technology Society) Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Kaliwuluh Kebakkramat Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510070312</relation><recordID>26712</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author SANTOSO, HERU
title Upaya PeningkatanAktivitas Belajar Melalui Penerapan Pendekatan SETS (Science, Enviroment,Technology Society) Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Kaliwuluh Kebakkramat Tahun Pelajaran 2012/2013
publishDate 2013
topic LB1501 Primary Education
url http://eprints.ums.ac.id/26712/1/2.HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26712/2/3.BAB_1.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26712/3/4.BAB_2.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26712/4/5.BAB_3.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26712/5/6.BAB_4.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26712/6/7.BAB_5.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26712/8/8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26712/15/9.LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26712/17/NASKAH_JURNAL_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26712/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar IPA melalui penerapan pembelajaran SETS pada siswa kelas IV sekolah Dasar Negeri 03 Kaliwuluh Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK), melalui model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dan guru kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Kaliwuluh Kebakkramat dengan jumlah subyek penelitian siswa kelas IV sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi,dokumentasi dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan aktivitas belajar IPA melalui penerapan pendekatan SETS. Peningkatan aktivitas belajar dapat dilihat dari indikator pada masing-masing siklus sebagai berikut: (1) Siswa yang bekerja sama sebanyak 9 siswa pada kondisi awal, meningkat menjadi 16 siswa atau 80% pada kondisi akhir; (2) Siswa yang mengerjakan soal dengan hasil benar 10 siswa pada kondisi awal meningkat menjadi 17 siswa atau 85% pada kondisi akhir; (3) Siswa yang menjawab pertanyaan dan mau bertanya kepada guru dari 12 siswa pada kondisi awal meningkat menjadi 18 siswa atau 90% pada kondisi akhir;(4) Siswa yang berani menyampaikan pendapat dari 10 siswa pada kondisi awal meningkat menjadi 17 siswa atau 85% pada kondisi akhir. Dengan demikian besarnya peningkatan rata-rata pada semua indikator siswa sebesar 33,75%, sehingga hipotesis tindakan yang telah dirumuskan yakni: Penerapan pendekatan pembelajaran SETS dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Kaliwuluh Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013, dapat terjawab atau diterima
id IOS2728.26712
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:47:46Z
last_indexed 2016-09-22T02:47:50Z
recordtype dc
_version_ 1765810763825414144
score 17.538404