Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Dalam Mengklasifikasikan Benda Melalui Media Realia Alam Sekitar Pada Kelompok B Di Bustanul Athfal `Aisyiyah Babadan I Kecamatan Karangdowo Kabupaten Klaten 2013/2014
Main Author: | SUMINI , SUMINI |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/26702/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/26702/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/26702/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/26702/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/26702/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/26702/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/26702/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/26702/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/26702/10/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/26702/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kognitif dalam mengklasifikasikan benda melalui media realia alam sekitar pada kelompok B di BA `Aisyiyah Babadan I, Karangdowo, Klaten. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa BA `Aisyiyah Babadan I, kelompok B yang berjumlah 22 anak yang terdiri dari 9 anak perempuan dan 13 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata persentase kemampuan kognitif pada anak dari sebelum tindakan atau kondisi awal 28,97 %, pasca Siklus I terjadi peningkatan kemampuan kognitif menjadi 46,20 %, dan pasca Siklus II peningkatan kemampuan kognitif menjadi 70,64 % kemudian pasca Siklus III peningkatan kemampuan kognitif menjadi 82,17%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa mengklasifikan benda melalui media realia alam sekitar dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak pada kelompok B di BA `Aisyiyah Babadan I, Karangdowo, Klaten, tahun 2012/ 2013.