Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sikap kooperatif anak melalui kegiatan bermain peran pada kelompok A di TK Desa Karangrejo 01, Ngasem, Karangrejo, Kerjo, Karanganyar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penerima tindakan adalah anak kelompok A. Pelaksana tindakan adalah Peneliti, sedangkan guna kelas bertindak sebagai kolabolator. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif, penyajian data dan penarikan kesimpulan . Hasil Penelitian ini menunjukan adanya pengembangan sikap kooperatif anak dalam proses pembelajaran melalui kegiatan bermain peran. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan prosentase sikap kooperatif anak, sebelum tindakan rata rata kelas 10,05 dengan prosentase 43,5%. Peningkatan siklus I nilai rata rata kelas 16 dengan prosentase 67,5%. Peningkatan pada siklus II nilai rata rata kelas 20,25 dengan prosentase 84%. Dengan demikian penelitian ini menyimpulkan bahwa kegiatan dengan bermain peran dapat meningkatkan sikap kooperatif anak.