ctrlnum 26597
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/26597/</relation><title>Pengaruh Kedisiplinan Belajar Dan Jenis Kelamin Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP Negeri 1 Pucakwangi Pati Tahun Ajaran 2012/2013</title><creator>Riana, Rini</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji : (1) pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh jenis kelamin terhadap hasil belajar matematika, (3) interaksi pengaruh kedisiplinan belajar dan jenis kelamin terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian diskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pucakwangi tahun ajaran 2012/2013 Sedangkan sampelnya diambil sebanyak 52 siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode angket dan dokumentasi. Teknik prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, yang dilanjutkan dengan uji analisis data yaitu analisis variansi dua jalur sel tak sama. Dari hasil penelitian dengan menggunakan &#x3B1;= 5% diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) tidak terdapat pengaruh jenis kelamin terhadap hasil belajar matematika. Hal ini ditunjukkan oleh besarnya Fhitung = 2,175 &lt; Ftabel = 4,05. (2) terdapat pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika. Hal ini ditunjukkan oleh besarnya Fhitung = 28,338 &gt; Ftabel = 3,20. (3) tidak terdapat interaksi antara jenis kelamin dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika. Hal ini ditunjukkan oleh besarnya Fhitung = 0,217 &lt; Ftabel = 3,20. Karena terdapat pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika, maka dilakukan uji lanjut untuk mengetahui perbedaan rerata antar kategori. Dari hasil uji lanjut pasca anava diperoleh: (1) terdapat beda hasil belajar yang signifikan antara kedisiplinan belajar tinggi dan sedang, yang ditunjukkan oleh besarnya Fhitung = 38,26 &lt; Ftabel = 6,40. (2) terdapat beda hasil belajar yang signifikan antara kedisiplinan belajar tinggi dan rendah, yang ditunjukkan oleh besarnya Fhitung = 53,77 &gt; Ftabel = 6,40. (3) terdapat beda hasil belajar yang signifikan antara kedisiplinan belajar sedang dan rendah yang ditunjukkan oleh besarnya Fhitung = 6,74 &gt; Ftabel = 6,40.</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26597/1/01._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26597/2/02._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26597/3/03._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26597/4/04._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26597/5/05._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26597/6/06._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26597/7/07._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26597/9/08._LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26597/11/10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Riana, Rini (2013) Pengaruh Kedisiplinan Belajar Dan Jenis Kelamin Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP Negeri 1 Pucakwangi Pati Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410090227</relation><recordID>26597</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Riana, Rini
title Pengaruh Kedisiplinan Belajar Dan Jenis Kelamin Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP Negeri 1 Pucakwangi Pati Tahun Ajaran 2012/2013
publishDate 2013
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/26597/1/01._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26597/2/02._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26597/3/03._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26597/4/04._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26597/5/05._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26597/6/06._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26597/7/07._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26597/9/08._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26597/11/10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26597/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji : (1) pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh jenis kelamin terhadap hasil belajar matematika, (3) interaksi pengaruh kedisiplinan belajar dan jenis kelamin terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian diskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pucakwangi tahun ajaran 2012/2013 Sedangkan sampelnya diambil sebanyak 52 siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode angket dan dokumentasi. Teknik prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, yang dilanjutkan dengan uji analisis data yaitu analisis variansi dua jalur sel tak sama. Dari hasil penelitian dengan menggunakan α= 5% diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) tidak terdapat pengaruh jenis kelamin terhadap hasil belajar matematika. Hal ini ditunjukkan oleh besarnya Fhitung = 2,175 < Ftabel = 4,05. (2) terdapat pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika. Hal ini ditunjukkan oleh besarnya Fhitung = 28,338 > Ftabel = 3,20. (3) tidak terdapat interaksi antara jenis kelamin dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika. Hal ini ditunjukkan oleh besarnya Fhitung = 0,217 < Ftabel = 3,20. Karena terdapat pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika, maka dilakukan uji lanjut untuk mengetahui perbedaan rerata antar kategori. Dari hasil uji lanjut pasca anava diperoleh: (1) terdapat beda hasil belajar yang signifikan antara kedisiplinan belajar tinggi dan sedang, yang ditunjukkan oleh besarnya Fhitung = 38,26 < Ftabel = 6,40. (2) terdapat beda hasil belajar yang signifikan antara kedisiplinan belajar tinggi dan rendah, yang ditunjukkan oleh besarnya Fhitung = 53,77 > Ftabel = 6,40. (3) terdapat beda hasil belajar yang signifikan antara kedisiplinan belajar sedang dan rendah yang ditunjukkan oleh besarnya Fhitung = 6,74 > Ftabel = 6,40.
id IOS2728.26597
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:47:41Z
last_indexed 2016-09-22T02:47:45Z
recordtype dc
_version_ 1765810763163762688
score 17.538404