ctrlnum 26316
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/26316/</relation><title>Hubungan Antara Harga Diri Dan Disiplin Sekolah Dengan Perilaku Bullying&#xD; Pada Remaja</title><creator>Apsari, Fitri</creator><subject>H Social Sciences (General)</subject><description>Penanganan perilaku bullying membutuhkan banyak waktu dan pengawasan sehingga pada beberapa kasus perlu ditangani dengan cara multidisiplin. Disiplin merupakan aspek dari hubungan orang tua dan anak, maupun hubungan guru dan anak didik. Workshop Nasional Anti-bullying diungkapkan bahwa salah satu penyebab seseorang menjadi pelaku bullying adalah harga diri yang rendah.&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dan disiplin sekolah dengan perilaku bullying pada remaja&#x201D;. Subjek penelitian ini berjumlah 81 siswa MTSn Tinawas Nogosari Boyolali kelas IX. Alat ukur yang digunakan adalah angket. Metode analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah anava satu jalur sedangkan untuk mengetahui dinamika antar variabel menggunakan regresi ganda.&#xD; Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi R = 0,581, Fregresi = 25,119; p = 0,000 (p &lt; 0,01). Hasil ini menunjukkan ada hubungan yang sangat signifikan antara harga diri dan disiplin sekolah dengan perilaku bullying pada remaja. Artinya variabel harga diri dan disiplin sekolah dapat digunakan sebagai prediktor untuk memprediksikan perilaku bullying.&#xD; Perilaku bullying pada remaja di sekolah lebih banyak didominasi oleh siswa laki-laki dibandingkan perempuan. Subjek laki-laki yang terlibat perilaku bullying sebanyak 30,30% lebih tinggi dibandingkan subjek perempuan sebanyak 24,97% lebih rendah. Perilaku bullying yang sering terjadi disekolah tersebut sesuai dengan kategorisasi yaitu perilaku bullying verbal 34,6 dan cyber 24,69%, sosial 22,2% dan yang terakhir ada perilaku bullying fisik 18,5%.&#xD; Hasil penelitian ini dapat disimpulkan, ada hubungan yang sangat signifikan yaitu hubungan antara harga diri dan disiplin sekolah dengan perilaku bullying pada remaja. Perilaku bullying pada laki-laki lebih dominan dibandingkan perempuan</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26316/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26316/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26316/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26316/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26316/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26316/7/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26316/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26316/11/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26316/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Apsari, Fitri (2013) Hubungan Antara Harga Diri Dan Disiplin Sekolah Dengan Perilaku Bullying Pada Remaja. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>S300100024</relation><recordID>26316</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Apsari, Fitri
title Hubungan Antara Harga Diri Dan Disiplin Sekolah Dengan Perilaku Bullying Pada Remaja
publishDate 2013
topic H Social Sciences (General)
url http://eprints.ums.ac.id/26316/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26316/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26316/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26316/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26316/6/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26316/7/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26316/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26316/11/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26316/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26316/
contents Penanganan perilaku bullying membutuhkan banyak waktu dan pengawasan sehingga pada beberapa kasus perlu ditangani dengan cara multidisiplin. Disiplin merupakan aspek dari hubungan orang tua dan anak, maupun hubungan guru dan anak didik. Workshop Nasional Anti-bullying diungkapkan bahwa salah satu penyebab seseorang menjadi pelaku bullying adalah harga diri yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dan disiplin sekolah dengan perilaku bullying pada remaja”. Subjek penelitian ini berjumlah 81 siswa MTSn Tinawas Nogosari Boyolali kelas IX. Alat ukur yang digunakan adalah angket. Metode analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah anava satu jalur sedangkan untuk mengetahui dinamika antar variabel menggunakan regresi ganda. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi R = 0,581, Fregresi = 25,119; p = 0,000 (p < 0,01). Hasil ini menunjukkan ada hubungan yang sangat signifikan antara harga diri dan disiplin sekolah dengan perilaku bullying pada remaja. Artinya variabel harga diri dan disiplin sekolah dapat digunakan sebagai prediktor untuk memprediksikan perilaku bullying. Perilaku bullying pada remaja di sekolah lebih banyak didominasi oleh siswa laki-laki dibandingkan perempuan. Subjek laki-laki yang terlibat perilaku bullying sebanyak 30,30% lebih tinggi dibandingkan subjek perempuan sebanyak 24,97% lebih rendah. Perilaku bullying yang sering terjadi disekolah tersebut sesuai dengan kategorisasi yaitu perilaku bullying verbal 34,6 dan cyber 24,69%, sosial 22,2% dan yang terakhir ada perilaku bullying fisik 18,5%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan, ada hubungan yang sangat signifikan yaitu hubungan antara harga diri dan disiplin sekolah dengan perilaku bullying pada remaja. Perilaku bullying pada laki-laki lebih dominan dibandingkan perempuan
id IOS2728.26316
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:47:32Z
last_indexed 2016-09-22T02:47:33Z
recordtype dc
_version_ 1765810761411592192
score 17.538404