Naskah Publikasi Hubungan Antara Dukungan Sosial Keluarga Dan Kepercayaan Diri Dengan Kemandirian Belajar
Main Author: | Arifiati, Retna Febri |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/26306/1/03._Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/26306/2/04._BAB_1.pdf http://eprints.ums.ac.id/26306/3/05._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/26306/4/06._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/26306/5/07._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/26306/8/08._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/26306/9/09._Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/26306/10/10._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/26306/12/02._Naskah_Publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/26306/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial keluarga dan kepercayaan diri dengan kemandirian belajar siswa sekolah menengah pertama di Surakarta. Kemandirian belajar ditunjukkan siswa dalam mengikuti pelajaran di kelas, mengerjakan tugas, memiliki kelengkapan belajar, bersikap eksploratif, mampu mengambil keputusan, percaya diri, dan kreatif. Sampel penelitian (N = 210) diperoleh melalui purposive sampling yang dianalisis dengan uji statistik parametik chi-square. Hasil penelitian menunjukkan hubungan yang signifikan antara dukungan sosial keluarga dan kepercayaan diri dengan kemandirian belajar