ctrlnum 26288
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/26288/</relation><title>Strategi Pendidikan Pondok Pesantren Ta&#x2019;mirul Islam Surakarta Dalam Membentuk Karakter Bangsa&#xD; &#xD; </title><creator>SUPRIYONO , SUPRIYONO </creator><subject>BL Religion</subject><description>Masyarakat menghendaki adanya pendidikan karakter yang dilaksanakan secara seimbang, antara nilai dan sikap, pengetahuan, kecerdasan dan keterampilan, kemampuan berinteraksi dengan masyarakat secara luas, serta&#xD; meningkatkan kesadaran terhadap alam dan lingkungannya. Asas pendidikan seperti inilah yang ditawarkan oleh pondok pesantren. Dalam hal ini pondok pesantren Ta&#x2019;mirul Islam Surakarta menerapkan beberapa strategi sebagai sarana&#xD; untuk membentuk karakter bangsa terhadap santrinya.&#xD; Tujuan dari penelitian ini adalah: (1). Untuk mengetahui strategi pendidikan pondok pesantren Ta&#x2019;mirul Islam dalam membentuk karakter bangsa terhadap santri, (2). Untuk mengetahui macam&#x2010;macam karakter bangsa yang terbentuk dalam kehidupan sehari&#x2010;hari di pondok pesantren Ta&#x2019;mirul Islam&#xD; Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif berupa data yang dikumpulkan dan bukan angka&#x2010;angka, tetapi berupa kata&#x2010;kata atau gambaran.&#xD; Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan analisis deskriptif mengenai bibliografis yaitu pencarian berupa fakta, hasil dan ide pemikiran seseorang melalui cara mencari, menganalisis, membuat interpretasi serta melakukan&#xD; generalisasi terhadap hasil penelitian yang dilakukan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul maka ditarik kesimpulan dengan menggunakan analisis deskriptif dengan prosedur&#xD; reduksi data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan.&#xD; Hasil penelitian ini adalah strategi yang di terapkan oleh pondok pesantren Ta&#x2019;mirul Islam Surakarta dalam membentuk karakter bangsa terhadap santri antara lain: (1). Menyusun kurikulum pendidikan pondok pesantren barbasis karakter. (2). Menentukan bentuk&#x2010;bentuk pendidikan pondok pesantren berbasis karakter. (3). Membuat strategi dan metode pembelajaran pondok pesantren berbasis karakter. (4). Melaksanakan pola pengasuhan pondok pesantren berbasis&#xD; karakter. (5). Membudayakan karakter dalam kehidupan masyarakat pondok pesantren. Adapun bentuk&#x2010;bentuk karakter yang ada pada santri pondok pesantren Ta&#x2019;mirul Islam Surakarta antara lain: kreatifitas dan kemampuan,&#xD; kepedulian sosial, etos kerja, disiplin, percaya diri, relegius, keikhlasan, kesadaran, kesederhanaan, keteladanan, kasih sayang, kejujuran, tanggung jawab, gotongroyongan dan Kebersamaan, saling berbagi, kepekaan dan mandiri. </description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26288/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26288/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26288/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26288/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26288/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26288/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26288/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26288/10/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26288/15/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> SUPRIYONO , SUPRIYONO (2013) Strategi Pendidikan Pondok Pesantren Ta&#x2019;mirul Islam Surakarta Dalam Membentuk Karakter Bangsa. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>O100110016</relation><recordID>26288</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author SUPRIYONO , SUPRIYONO
title Strategi Pendidikan Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta Dalam Membentuk Karakter Bangsa
publishDate 2013
topic BL Religion
url http://eprints.ums.ac.id/26288/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26288/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26288/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26288/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26288/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26288/6/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26288/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26288/10/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26288/15/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26288/
contents Masyarakat menghendaki adanya pendidikan karakter yang dilaksanakan secara seimbang, antara nilai dan sikap, pengetahuan, kecerdasan dan keterampilan, kemampuan berinteraksi dengan masyarakat secara luas, serta meningkatkan kesadaran terhadap alam dan lingkungannya. Asas pendidikan seperti inilah yang ditawarkan oleh pondok pesantren. Dalam hal ini pondok pesantren Ta’mirul Islam Surakarta menerapkan beberapa strategi sebagai sarana untuk membentuk karakter bangsa terhadap santrinya. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1). Untuk mengetahui strategi pendidikan pondok pesantren Ta’mirul Islam dalam membentuk karakter bangsa terhadap santri, (2). Untuk mengetahui macam‐macam karakter bangsa yang terbentuk dalam kehidupan sehari‐hari di pondok pesantren Ta’mirul Islam Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif berupa data yang dikumpulkan dan bukan angka‐angka, tetapi berupa kata‐kata atau gambaran. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan analisis deskriptif mengenai bibliografis yaitu pencarian berupa fakta, hasil dan ide pemikiran seseorang melalui cara mencari, menganalisis, membuat interpretasi serta melakukan generalisasi terhadap hasil penelitian yang dilakukan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul maka ditarik kesimpulan dengan menggunakan analisis deskriptif dengan prosedur reduksi data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah strategi yang di terapkan oleh pondok pesantren Ta’mirul Islam Surakarta dalam membentuk karakter bangsa terhadap santri antara lain: (1). Menyusun kurikulum pendidikan pondok pesantren barbasis karakter. (2). Menentukan bentuk‐bentuk pendidikan pondok pesantren berbasis karakter. (3). Membuat strategi dan metode pembelajaran pondok pesantren berbasis karakter. (4). Melaksanakan pola pengasuhan pondok pesantren berbasis karakter. (5). Membudayakan karakter dalam kehidupan masyarakat pondok pesantren. Adapun bentuk‐bentuk karakter yang ada pada santri pondok pesantren Ta’mirul Islam Surakarta antara lain: kreatifitas dan kemampuan, kepedulian sosial, etos kerja, disiplin, percaya diri, relegius, keikhlasan, kesadaran, kesederhanaan, keteladanan, kasih sayang, kejujuran, tanggung jawab, gotongroyongan dan Kebersamaan, saling berbagi, kepekaan dan mandiri.
id IOS2728.26288
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:47:27Z
last_indexed 2016-09-22T02:47:31Z
recordtype dc
_version_ 1765810761316171776
score 17.538404