Pengaruh Pengumuman Dividend Initiation Dan Dividend Omission Terhadap Reaksi Pasar Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia
Main Author: | Indrawati, Nina |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/25997/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/25997/2/04._BAB_1.pdf http://eprints.ums.ac.id/25997/3/05._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/25997/4/06._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/25997/7/07._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/25997/9/08._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/25997/15/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/25997/16/10._Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/25997/18/02._Naskah_Publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/25997/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengumuman dividend initiation dan dividend omission terhadap reaksi pasar. Dividend initiation adalah kebijakan perusahaan untuk membayar dividen pertama kali setelah minimal dua kali berturut-turut tidak membayar dividen tahunan. Dividend omission adalah kebijakan perusahaan untuk menghapuskan dividen pertama kali setelah minimal dua kali berturut-turut membayar dividen tahunan. Sampel ini menggunakan 14 perusahaan yang mengumumkan dividend initiation dan 4 perusahaan yang mengumumkan dividend omission, yaitu perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia priode 2007-2011. Metodelogi yang digunakan adalah event study10 hari sebelum pengumuman dan 10 hari sesudah pengumuman. Teknik analisis yang digunakan untik menguji hipotesis adalah uji one tailed test. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan sebelum dan sesudah pengumuman dividend initiation dan dividend omission terhadap reaksi pasar. Disekitar hari pengumuman tidak ditemukan return negatif maupun return positif dan signifikan.